14 April 2016

by Glenn Kaonang

Fitur Baru Google Calendar Bantu Anda Capai Target Pribadi di Sela-sela Kesibukan

Targetnya bisa sesederhana "lari tiga kali seminggu", dan jadwalnya akan dibuatkan secara otomatis

Entah Anda orangnya berambisi atau tidak, semua orang bisa dipastikan punya target pribadi. Buat saya, target yang sejauh ini masih belum ada progress-nya adalah belajar bahasa Mandarin. Ada saja alasan mengapa saya belum sempat menjalankannya, bisa karena keterbatasan waktu di hari-hari kerja, atau ada acara keluarga di akhir pekan.

Kalau Anda seperti saya, Google rupanya sudah menyiapkan solusi yang cukup menarik dalam wujud Goals, sebuah fitur anyar untuk aplikasi Google Calendar.

Cara menetapkan Goal pada aplikasi Google Calendar / Google

Dengan Goals, kita bisa menetapkan target apa yang ingin dikejar setiap minggunya. Misalnya belajar bahasa Mandarin tadi, kita tinggal menentukan seberapa sering dan enaknya di siang atau malam hari, lalu Google Calendar akan membuatkan jadwalnya secara otomatis, menyesuaikan dengan agenda Anda setiap harinya.

Selagi menjalani hari-hari kerja, ternyata ada rapat dadakan bersama bos yang jadwalnya bentrok dengan jadwal belajar bahasa Mandarin tadi. Tak perlu bingung, tambahkan saja jadwal rapat itu di Calendar seperti biasa, maka jadwal belajarnya akan otomatis dipindahkan ke lain waktu.

Jadwal setiap Goal akan otomatis disesuaikan ketika ada jadwal kegiatan baru yang bentrok / Google

Seandainya ada alasan lain yang muncul ketika jadwal belajar tiba – harus menjenguk keluarga yang sedang sakit misalnya – Anda tinggal memilih opsi “Defer” untuk menundanya, dan lagi-lagi Calendar akan menjadwalkannya ulang di lain waktu.

Lewat fitur ini, Google Calendar yang baru saja berulang tahun ke–10 pada dasarnya tak ingin hanya menjadi pengatur jadwal rutinitas Anda saja, tetapi juga untuk membantu Anda memaksimalkan waktu sehari-harinya.

Untuk bisa menikmati fitur Goals, silakan update aplikasi Google Calendar di Android maupun iOS ke versi yang paling baru.

Sumber: Google Blog.

Application Information Will Show Up Here