27 March 2015

by Oki Rosgani

Fitur Baru Google Keep Ini Makin Memudahkan Penggunanya

Google baru saja melakukan pembaharuan untuk aplikasi Google Keep. Pembaruan yang dilakukan kali ini akan meningkatkan pengalaman penggunaan layanan pencatat segala dari Google ini.

Untuk Anda yang belum tahu, layanan Google Keep ini membantu para penggunanya untuk membuat catatan, merekam suara, menyisipkan foto, membuat daftar checklist serta bisa berfungsi pula untuk pengingat (reminders). Menariknya, karena aplikasi ini merupakan salah satu dari layanan awan (cloud) Google, Anda bisa mengaksesnya melalui smartphone ataupun PC yang terhubung ke internet, jika log-in maka semua data akan tersinkronisasi.

Informasi Menarik:Microsoft Bermitra dengan Adobe untuk Sempurnakan Browser Project Spartan

Kembali pada soal pembaharuan baru yang dihadirkan pada Google Keep tadi, beberapa fitur baru yang disertakan adalah penambahan Label untuk mengelompokan atau mem-filter catatan, kemampuan untuk bisa meng-exsport semua catatan dari Google Keep ke Google Doc dan fitur pengingat yang dapat digunakan secara berulang-ulang (Recurring Reminders).

Jika Anda menggunakan perangkat PC, Anda bisa mengakses layanan ini dengan mengarahkan aplikasi peramban Anda ke alamat http://keep.google.com, namun jika Anda memiliki perangkat Android, layanan ini telah tersedia secara gratis melalui aplikasi yang  dapat diunduh di halaman Google PlayStore.

Google Keep - Label

Fitur Label akan memudahkan pengguna mengelompokkan catatan, selain bisa juga menambahkan warna latar untuk setiap catatan yang kita buat. Secara default, Google Keep telah menyediakan tiga buah label yang nantinya bisa kita ubah sesuai keinginan.

Google Keep - Recurring Reminders

Fitur Recurring Reminder, fitur Reminders (pengingat) ini sebenarnya telah dijejalkan pada Google Keep namun dengan hadirnya pembaharuan ini, kini kita dapat menggunakan fungsi Reminder tersebut secara berulang-ulang untuk mengingatkan kita terhadap aktivitas yang sering kita lakukan dan terjadwal.

Google Keep - Export/Copy ke Google Doc

Sedangkan fitur baru lain yang tak kalah bermanfaat adalah kemampuannya untuk memindahkan (meng-export) semua catatan yang telah kita buat di Google Keep ke Google Docs dan memungkinkan untuk di-edit di sana. Untuk melakukan hal tersebut pengguna hanya perlu memilih menu More yang ada di bagian bawah catatan yangn sedang dibuat-- menu ini akan muncul ketika pengguna mengarahkan mouse (hover) pada bagian bawah catatan tadi -- dan selanjutnya memilih 'Copy To Google Doc'. Selanjutnya catatan tersebut akan muncul di halaman Google Doc yang siap untuk Anda edit dengan format tulisan yang lebih lengkap.

Informasi Menarik:Lenovo K3 Note, Phablet Kelas Menengah Dengan Layar 5,5 Inci dan Koneksi 4G LTE

Bagi saya, layanan yang diluncurkan oleh Google pada bulan Mei 2013 ini merupakan salah satu layanan menarik dan wajib dimiliki oleh para pengguna Android, karena fungsinya yang benar-benar sangat bermanfaat. Meski interface yang dimiliki sangat sederhana namun menawarkan fitur yang cukup lengkap, salah satu fitur yang cukup berguna adalah perekam suara yang hasil rekamannya dapat langsung tersimpan pada layanan penyimpanan awan milik Google.

Jika Anda pengguna Android dan belum memiliki aplikasi ini, silahkan untuk mengunduhnya melalui halaman Google PlayStore berikut ini.

Google Keep Demo | Image Credit: VentureBeat

Sumber: VentureBeat | Gambar Header: Google+ Android.