7 November 2017

by Bambang Winarso

Google Uji Fitur yang Tampilkan Perbandingan Spesifikasi Gadget di Hasil Pencarian

Fitur ini akan tampil ketika pengguna mengetikkan dua nama perangkat dengan kata kunci "vs" di antara keduanya

Kebiasaan yang masih berlangsung sampai sekarang, ketika seseorang ingin mencari informasi mengenai spesifikasi sebuah perangkat atau membandingkan dua perangkat, mereka akan menuju ke mesin pencari seperti Google atau Bing lalu memilih salah satu situs yang dirujuk oleh Google. Beberapa situs yang secara intensif menawarkan komparasi perangkat antara lain GSMArena dan PhoneArena.

Tapi kebiasaan itu mungkin dalam waktu dekat akan segera ditinggalkan. Pasalnya, Google dikabarkan sedang menguji fitur baru yang menampilkan perbandingan antara dua perangkat ketika pengguna mengetikkan dua merk perangkat menggunakan kata kunci vs di antara keduanya.

Fitur ini pertama kali ditangkap oleh AndroidPolice dan melaporkan bahwa fitur pencarian baru ini masih dalam tahap pengujian. Raksasa Mountain View ini memang kerap melakukan langkah serupa tanpa membuat pengumuman terlebih dahulu. Fitur perbandingan spesifikasi perangkat ini tampaknya bakal jadi kejutan sebelum tutup tahun.

 

Berdasarkan testimoni sejumlah pengguna, fitur ini hanya akan muncul ketika kata kunci “vs” digunakan. Hasil pencarian menampilkan sebuah tabel yang menyorot spesifikasi kedua perangkat yang tercantum di kolom pencarian.

Hasil pencarian pertama disebut menampilkan beberapa baris saja, tapi jika  tombol dropdown berwarna biru diklik, akan menampilkan seluruh spesifikasi kedua perangkat. Di bagian atas bahkan ada sebuah tombol tambahan dengan label Highlight Differences yang bila diaktifkan, fitur akan memberi tanda di kolom yang menjadi perbedaan kedua perangkat. Dengan begitu pengguna bisa mengetahui apa saja yang berbeda di antara kedua perangkat yang sedang dicari.

Gambar header ilustrasi Pixel dan Pixel 2 XL/Dailysocial.