1 November 2018

by Glenn Kaonang

iOS 12.1 Hadirkan Group FaceTime, 70 Emoji Baru dan Depth Control Secara Real-time

Sempat tertunda, namun sekarang pengguna iPhone, iPad dan Mac bisa bertatap muka bersama secara online

Bersamaan dengan peluncuran iPad Pro generasi ketiga yang tidak dilengkapi tombol Home –atau yang saya juluki "iPad Homeless" – Apple turut merilis update iOS 12.1 ke semua perangkat yang kompatibel. Versi anyar ini tentu membawa sejumlah pembaruan, tapi yang dijadikan suguhan utama adalah fitur Group FaceTime.

Fitur ini memang terlambat datang, mengingat Apple memutuskan untuk menunda perilisannya pada bulan Agustus lalu. Namun sekarang semestinya fitur ini sudah bisa berjalan dengan mulus – saya pribadi belum mencobanya, mengingat teman FaceTime saya biasanya hanyalah istri saya sendiri.

Apple bilang Group FaceTime bisa menampung hingga 32 partisipan secara bersamaan. Bertatap muka dengan orang sebanyak itu jelas berpotensi menyebabkan kekacauan, akan tetapi partisipan yang sedang tidak aktif (tidak berbicara) akan ditampilkan berderet di bagian bawah (bisa di-scroll).

Sebaliknya, yang paling berisik akan mengambil porsi layar paling banyak. Selama dalam percakapan Group FaceTime, masing-masing partisipan dapat menggunakan efek kamera, filter, maupun Animoji dan Memoji, dengan catatan perangkat yang mereka gunakan minimal adalah iPhone X. Kalau perlu, partisipan yang diundang ke percakapan bisa memilih untuk menerima panggilan dalam format audio saja.

Juga menarik adalah integrasi Group FaceTime ke dalam iMessage. Artinya, percakapan grup bisa dimulai langsung dari tampilan chat di iMessage, dan mereka yang belum masuk bisa menyusul melalui tampilan chat grup yang sama.

Selain Group FaceTime, iOS 12.1 turut menghadirkan 70 emoji baru serta fitur Depth Control secara real-time. Depth Control adalah istilah yang digunakan Apple untuk kemampuan mengubah aperture (kadar blur pada foto Portrait Mode), dan sebelumnya fitur ini hanya bisa diakses pasca pemotretan.

Dengan iOS 12.1, pengguna iPhone XS, XS Max dan XR bisa mengatur semua itu selagi mengatur komposisi. Catatan terakhir, Depth Control tak cuma berlaku untuk foto yang diambil menggunakan kamera belakang saja, tetapi juga foto selfie.

Sumber: Apple.