Opera Mini digemari karena dianggap sebagai aplikasi peramban paling bersahabat untuk ponsel-ponsel pintar dengan spesifikasi minimalis. Demi performa, Opera memang melakukan penyesuaian di banyak komponen yang berbuntut pada kelengkapan fitur dan dukungan konten tertentu. Tapi secara perlahan, Opera tampaknya ingin penggunanya merasa tak lebih rendah dari pengguna versi lain. Bahkan dalam rilisan update terbaru, mereka menghadirkan fitur yang belum pernah ada di peramban lainnya.

Pasted-image-at-2017_03_23-14_38

Pertama, Opera Mini mendapatkan algoritma baru yang secara otomatis memindai halaman situs untuk menemukan link unduhan yang aktif. Dalam kondisi modus penghemat data Extreme aktif, Opera Mini akan menampilkan tautan unduhan dalam sebuah menu dropdown. Dari sana, pengguna dapat memutuskan untuk mengunduh berkas yang diinginkan, apakah berupa video, musik, berkas atau gambar. Semua dilakukan dengan mudah dari satu panel, tanpa scroll dan tanpa proses pencarian yang rumit.

Pasted-image-at-2017_03_23-14_32

Berikutnya, Opera Mini mendapatkan notifikasi Facebook dengan wajah baru. Notifikasi ini akan mengikuti pengaturan default di akun Facebook, dan selama Anda dalam kondisi “log in”, Opera Mini akan memberikan notifikasi secara instant saat ada komentar, like atau permintaan pertemanan baru.

Selain dua kemampuan baru tersebut, Opera Mini juga menjanjikan beberapa tambahan lain seperti penghematan saat Anda menyimpan halaman situs tertentu, dukungan Boost Video ketika modus penghemat data Extreme dalam kondisi aktif, wajah baru Download Manager dan tentu saja perbaikan bugs untuk meningkatkan performa aplikasi.

Sumber berita Opera.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.