31 July 2017

by Bambang Winarso

WhatsApp Uji Fitur Shortcut untuk Kamera dan Pesan Baru

Fitur ini masih dalam tahap beta, kapan akan diluncurkan masih belum diketahui

WhatsApp dikabarkan sedang melakukan pengujian sebuah fitur baru untuk platform Android. Fitur berupa shortcut dicoba ditanamkan ke aplikasi, sehingga memungkinkan pengguna menjalankan fitur tertentu di WhatsApp tanpa harus melalui prosedur panjang dengan membuka aplikasi terlebih dahulu. Seperti pengujian-pengujian lainnya, fitur ini baru dapat dijumpai di versi beta dan belum ada kabar kapan akan dihadirkan ke publik.

Fitur beta ini pertama kali ditemukan oleh AndroidPolice, namun disebutkan bahwa fitur shortcut dapat difungsikan untuk menjalankan beberapa fitur di dalam WhatsApp, seperti kamera dan percakapan. Misalnya, ditemukan shortcut untuk “New Chat” atau percakapan baru yang sejatinya terbilang jarang digunakan, sebab kebanyakan dari kita ingin berbicara dengan kontak yang sudah pernah ngobrol sebelumnya. Tapi untuk memberi alternatif, WhatsApp juga menyediakan shortcut untuk percakapan yang diberi tanda bintang.

Fitur Shortcut aplikasi diperkenalkan di eranya Android 7.0 Nougat, tetapi pengguna yang masih menggunakan Android 6.0 Marshmallow juga bisa mencicipinya dengan memasang launcher pihak ketiga seperti, Nova atau Action.

Membuat jalan pintas ke salah satu fitur sebuah aplikasi sebenarnya terbilang jarang dilakukan oleh pengguna. Saya sendiri merasa fitur semacam ini tak banyak memberi kemudahan, justru bagi mereka yang tak suka dengan layar home yang terlalu ramai, fitur ini hanya akan membuat salah satu dari dua ikon yang serupa menjadi tak berguna. Kendati demikian, fitur ini masih diuji dan dimatangkan. Hasilnya akan ada dua kemungkinan, jadi dirilis atau tidak, atau akan ada pengembangan yang membuat fiturnya jauh lebih baik.

Sumber gambar header Pixabay.