WhatsApp Mungkinkan Pengguna Android Mengunduh Ulang Media yang Terhapus

WhatsApp Mungkinkan Pengguna Android Mengunduh Ulang Media yang Terhapus

Media yang terhapus di memori perangkat akan tetap disimpan di server WhatsApp
WhatsApp Mungkinkan Pengguna Android Mengunduh Ulang Media yang Terhapus
WhatsApp Mungkinkan Pengguna Android Mengunduh Ulang Media yang Terhapus

WhatsApp dilaporkan melakukan perubahan kecil terkait bagaimana media disimpan di servernya. Kini, di WhatsApp versi antara 2.18.106 dan 2.18.110 berlaku prosedur baru, di mana media yang telah diunduh dapat diunduh kembali jika berkas secara tidak sengaja terhapus dari direktori penyimpanan WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp memberlakukan prosedur yang berbeda. Ketika media berhasil dikirimkan pe penerima dan diunduh ke perangkat, WhatsApp secara instan akan menghapus berkas di servernya. Media mencakup foto, dokumen, video, GIF dan pesan suara akan tetap bisa diakses selama masih tersimpan rapi di memori lokal perangkat. Tetapi, ketika media tersebut terhapus karena sengaja ataupun tidak, media tidak akan lagi bisa diunduh ulang. Hal ini dikarenakan WhatsApp telah menghapus seluruh media yang sudah lebih dulu diunduh ke memori perangkat.

Menurut WABetaInfo, fitur ini langsung tersedia di Android. Laporan ini mencatat bahwa fitur baru ini memungkinkan pengguna mengunduh kembali media yang dihapus dari server WhatsApp. Artinya, pengguna kini mempunyai alternatif lain ketika media telah dihapus dari memori perangkat. Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh WABetaInfo, media hanya bisa diunduh apabila pesan belum dihapus dari jendela chat. Untuk periode waktunya, WABetaInfo mengaku bisa mengunduh media yang dikirimkan sampai dengan 3 bulan yang lalu meskipun sempat gagal beberapa kali.

Hanya platform Android yang kebagian jatah fitur baru ini, sedangkan iOS kemungkinan besar tidak akan ikut mendapatkan pembaruan dengan alasan teknis.

Sumber berita WABetaInfo dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…