21 September 2016

by Bambang Winarso

Di WhatsApp Sekarang Bisa Mention Teman Grup

Fitur ini dapat menandai lebih dari satu pengguna dan bahkan yang tidak termasuk dalam daftar kontak

Percakapan grup biasanya diikuti oleh banyak pengguna, akibatnya jika semua orang bicara, notifikasi yang Anda terima bisa sangat mengganggu dan sulit diikuti. Terlebih jika topik yang dibicarakan tidak menarik bagi Anda. Untuk mengurangi “gangguan” itu, WhatsApp menyediakan fitur “mute” yang sayangnya bila digunakan, Anda justru bisa ketinggalan informasi penting yang mungkin saja relevan untuk Anda.

Sekarang, solusi lain telah dihadirkan oleh WhatsApp yang baru saja merilis fitur “mention” untuk percakapan grup. Memungkinkan Anda atau siapapun yang tergabung di dalam grup untuk mendapatkan perhatian pengguna dengan cara menandainya.

fitur baru Mention di aplikasi WhatsApp

Fitur baru mention ini bekerja seperti yang biasa kita jumpai di Twitter, Facebook atau Instagram, yakni dengan menggunakan simbol @ yang diikuti nama pengguna. WhatsApp juga memberikan bantuan cepat dengan menampilkan beberapa saran nama saat Anda mengetikkan karakter pertama.

Anda juga diperbolehkan menandai lebih dari satu kontak meskipun belum ada dalam daftar kontak. Selama pengguna tergabung di dalam grup, maka siapapun bisa menandai mereka. Kontak yang ditandai (ditag) selanjutnya akan memperoleh notifikasi meskipun sebelumnya mereka mengaktifkan fitur “mute” untuk mengurangi notifikasi percakapan grup.

Penambahan fitur mention merupakan bagian dari serangkaian update yang dirilis oleh tim WhatsApp dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, mereka juga menambahkan fitur “quote” yang memudahkan anggota grup untuk mengutip pesan pengguna lain. WhatsApp juga mengubah kebijakan batas jumlah anggota grup dari 100 menjadi 256.

Ke depan, WhatsApp berpeluang kembali diperkaya sejumlah fitur baru. Pasalnya dalam beberapa bulan terakhir versi beta WhatsApp dikabarkan sedang menguji sederet fitur, antara lain dukungan Gif, voicemail, callback,format huruf dan video call.

Sumber berita Thenextweb dan gambar header Pixabay.