20 December 2013

by Bambang Winarso

Fitur BBM Channels dan Voice Baru Tersedia di BBM Android dan iOS Tahun Depan

Hadirnya BBM di platformAndroid dan iOS merupakan berkah tersendiri bagi pengguna kedua platform tersebut, walaupun BlackBerry jelas mendapat imbas positif sebab sadar atau tidak brand BlackBerry jadi populer walaupun tidak begitu halnya dengan perangkat-perangkat mereka.

Dalam 2 bulan terakhir ini, BBM Android dan iOS kurang lebih telah mendapatkan update sebanyak 2 kali. Yang pertama dirilis di penghujung bulan Oktober silam dengan sejumlah perbaikan minor. Kemudian yang kedua terjadi pada pertengahan bulan November yang membawa update berupa dukungan iPad dan dan iPod Touch.

Setelah melewati 2 periode update, tentu sejumlah pengguna ingin tahu kira-kira fitur baru apa lagi yang akan dihadirkan BlackBerry ke BBM Android dan iOS, sebab beberapa fitur yang dimiliki BBM di platform 'asli' mereka ada yang belum tersedia di kedua platform tersebut.

Sebelum publik bertanya-tanya dan mungkin bersiap-siap untuk protes, BlackBerry bergerak cepat dengan merilis sebuah artikel yang memuat sejumlah rancangan fitur baru yang akan hadir di update berikutnya. Fitur-fitur baru tersebut termasuk BBM Voice dan BBM Channels.

Kapan dua fitur ini akan hadir? Menurut Sean Hungerford, selaku kepala Manajemen BBM yang menjadi menulis artikel tersebut, diungkapkan bahwa update teranyar tersebut baru rilis di tahun 2014 mendatang.

BBM Voice untuk iPhone dan Android

Mendengar adanya fitur BBM Voice, Anda mungkin akan teringat dengan fitur layanan Skype atau Google Hangouts. Tak salah lagi, fitur ini memang memungkinkan pengguna BBM Android dan iOS untuk melakukan panggilan di mana saja tanpa dikenakan biaya sama sekali.

BBM Channels

BBM Channels ini hampir mirip dengan BBM Group, bedanya BBM Channels memungkinkan perusahaan atau merek tertentu untuk berinteraksi dengan anggota Channels dengan tool manajemen yang lebih lengkap. Di dalamnya pemilik Channels dapat membagikan konten baik dibuat secara manual atau diambil dari jejaring sosial.

Tidak hanya berguna sebagai kanal untuk perusahaan dan konsumennya, fitur ini juga bisa digunakan sebagai tempatnya para pengguna BBM yang mempunyai ketertarikan yang sama, misalnya sepakbola, basket, formula 1 atau hobi yang lainnya.

Proses Pengiriman Konten yang Lebih Cepat dan Tambahan Emoticon

Selain dua fitur baru di atas, BlackBerry akan menghadirkan sejumlah perbaikan pada kemampuan aplikasi untuk mengirim konten baik itu file, gambar, lokasi dan catatan suara dengan kecepatan yang lebih baik. Lalu BlackBerry juga akan menghadirkan beberapa emoticon baru yang akan menambah keceriaan pengguna saat berkomunikasi dengan teman dan kerabat.

Sayangnya, BlackBerry tidak membeberkan secara rinci di bulan apa update tersebut akan dirilis. Tahun 2014 memang kian dekat, tapi jika semua fitur di atas baru dirilis pertengahan atau akhir tahun 2014, tentunya terlalu lama. Bagaimana pendapat Anda?

Sumber berita Engadget dan blogs/BlackBerry.