18 October 2017

by Bambang Winarso

Fitur Berbagi Lokasi Secara Real-Time Sudah Bisa Dijumpai di WhatsApp

Fitur ini bisa dibagikan ke percakapan individu dan grup, mendarat di Android dan juga iOS

Di situasi tertentu, Anda tentu ingin agar orang-orang terkasih seperti Ayah atau Ibu mengetahui keberadaan Anda. Sehingga mereka tak harus merasakan cemas akan keselamatan Anda. Atau ketika sedang dikejar jadwal meeting, Anda bisa memberikan lokasi terkini agar teman tahu harus menunggu berapa lama. Fitur semacam itu kini bisa dijumpai di WhatsApp. Aplikasi pesan instan paling populer di dunia itu baru saja meluncurkannya untuk platform Android dan iOS.

Fitur Live Location bekerja hampir sama dengan fitur berbagi lokasi sebelumnya. Hanya saja, fitur ini memberikan update lokasi terkini secara real-time sesuai pergerakan Anda. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa memilih siapa saja yang mendapatkan lokasi Anda atau menentukan berapa lama mereka bisa melacak keberadaan Anda dengan menentukan waktunya sendiri. Sedangkan fitur berbagi terdahulu hanya bersifat statis.

 

Selain dapat digunakan di obrolan satu lawan satu, fitur Live Location juga bisa dibagikan ke obrolan grup sehingga semua anggota dapat mengetahui lokasi terkini Anda. Bahkan, fitur ini juga bisa dipakai oleh lebih dari satu pengguna, dan lokasi semua pengguna akan ditampilkan di peta yang sama. Tak perlu risau soal keamanan, karena informasi yang dibagikan terenkripsi end-to-end.

Di bawah peta anggota grup dapat melihat nama pengguna yang sama dalam daftar, lengkap dengan stempel waktu yang menunjukkan update lokasi mereka. Pengguna juga dapat menyentuh nama pada daftar tersebut atau mengetuk gambar profil pada peta untuk memperbesar lokasi pengguna tertentu untuk melihat margin of error (misalnya "Accurate to 50 meters") dari lokasi tepatnya.

Pembaruan ini dipastikan sudah bergulir ke perangkat Android dan iOS, namun butuh beberapa hari untuk disalurkan merata ke seluruh perangkat.

Sumber berita WhatsApp.