1. Lifestyle

Fitur Compact Overlay Permudah Multitasking Sembari Menonton Video di Windows 10

Jendela video YouTube atau panggilan video Skype tidak akan terhalang maupun menghalangi jendela aplikasi lain secara otomatis

Menonton video sembari mengerjakan hal lain merupakan aktivitas yang sudah cukup umum kita lakukan sebagai konsumen. Itulah mengapa pabrikan seperti Apple dan Samsung menyematkan fitur semacam Picture in Picture atau Pop-up Play pada perangkatnya.

Buat pengguna laptop atau PC Windows, mereka sebenarnya sudah bisa melakukan hal yang sama dengan menyesuaikan ukuran jendela aplikasi secara manual. Namun update Windows 10 nantinya akan membuat proses ini jadi jauh lebih mudah dengan fitur bernama Compact Overlay.

Cara kerja Compact Overlay sejatinya sama seperti Picture in Picture di iPad atau Pop-up Play di lini smartphone Samsung Galaxy. Jendela video YouTube atau panggilan video Skype otomatis akan diperkecil dan ditempatkan di ujung supaya tidak mengganggu, akan tetapi masih bisa dilihat dengan jelas dan tidak terhalang oleh jendela aplikasi lainnya.

Bagian terbaiknya, Compact Overlay ini memiliki fungsi persis seperti jendela aplikasi standar, yang berarti developer bisa menambahkan kompatibilitas pada aplikasinya dengan beberapa baris kode tambahan saja. Fitur ini untuk sementara baru tersedia pada versi preview Windows 10 yang hanya bisa diakses oleh mereka yang sudah tergabung di program Insider.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Dynamic Lock, yang pada dasarnya akan mengunci laptop atau PC Windows 10 secara otomatis ketika ponsel Anda berada di luar jangkauan konektivitas Bluetooth setelah 30 detik. Tentu saja, sebelumnya Anda harus terlebih dulu melakukan pairing antara ponsel dan komputer terlebih dulu.

Sumber: Engadget dan Windows Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again