Categories

Gadget

Fitur dan Performa Sistem Operasi OPPO A16 Untuk Multitasking

Berkat ColorOS 11.1 performa OPPO A16 maksimal dan multitasking lancar dengan FlexDrop

Lukman Azis - 5 November 2021

OPPO A16 adalah smartphone A series terbaru yang andal digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis pelaku UMKM. Varian barunya dijual dengan harga Rp2.499.000 dengan konfigurasi RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB, dan warna baru pearl blue.

Tiga fitur unggulan OPPO A16 ialah baterai 5.000 mAh yang tahan lama, layar HD+ dengan Eye Care, dan tiga kamera berbasis AI. Namun kunci dari pengalaman penggunaan yang disuguhkan oleh OPPO A16 ialah berkat performa sistem operasinya.

Perangkat yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G35 ini sudah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Sistem Android terbaru ini menghadirkan beragam fitur produktivitas pada smartphone kelas menengah, mari bahas lebih lanjut.

Performa ColorOS 11.1 Android 11

ColorOS 11.1 merupakan antarmuka OPPO yang human-centric, simpel mudah digunakan dan efisien, Anda dapat menemukan yang Anda cari dengan cepat. Walau begitu, berbagai kustomisasi telah disediakan di pengaturan personalisasi agar pengguna dapat menyesuaikan tampilan OPPO A16 sesuai preferensi pribadi.

Berpadu dengan Android 11 yang optimal, artinya potensi hardware-nya dapat dikeluarkan secara maksimal. Benar saja, secara keseluruhan performa sistem operasi pada OPPO A16 terasa cukup responsif, tidak begitu ngebut tetapi mampu beroperasi dengan lancar.

Pengalaman Multitasking

Bagi saya, hal mengesankan setelah menggunakan OPPO A16 selama dua minggu ialah pengalaman multitasking-nya. Ia dapat membuka dua aplikasi bersamaan secara berdampingan atau disebut split screen, skenario pemanfaatannya pun sangat luas dalam kehidupan sehari-hari.

Hal yang lebih menarik lagi adalah keberadaan fitur FlexDrop yang memungkinkan membuka suatu aplikasi di atas aplikasi yang lain. Caranya dari recent apps, pilih aplikasi yang ingin dibuka, kemudian klik ikon dua titik di pojok kanan atas aplikasi yang dipilih, lalu pilih floating window atau mini window.

Kedua pilihan ini saling terintegrasi, misalnya kalau pilih floating window maka jendela aplikasi akan terbuka dalam ukuran kecil yang mengapung di layar dan bebas digeser sana-sini. Kalau disentuh floating window-nya, maka akan menjadi mini window dalam bentuk lebih besar dan klik tombol home bila ingin dikembalikan menjadi floating window.

Menariknya, saat aplikasi terbuka pada mini window, kita dapat menarik jendela aplikasi tersebut ke kanan atau ke kiri layar untuk menyembunyikannya. Sewaktu-waktu ingin membukanya, cukup tekan kembali tanda aplikasi di sisi samping.

Selain itu, biar akses ke sejumlah aplikasi favorit bisa jauh lebih cepat, jangan lupa aktifkan fitur smart sidebar. Anda juga bisa menambahkan tool seperti screenshot, screen recording, screen translate, dan recording.

Pengambilan screenshot juga bisa dilakukan dengan cara tekan kombinasi tombol power dan volume bawah atau lewat gesture dengan mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari. Sementara, untuk screen recording mendukung sampai resolusi 1080p.

Fitur OS Lainnya

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh ColorOS 11.1 ialah navigasi berbasis gesture, kontrol gesture dan motion, serta assitive ball. Anda juga dapat memanggil Google Assistant dengan menakan tombol power, semua ini sifatnya opsional dan perlu membiasakan diri ketika memanfaatkannya.

Terkait privasi, Anda dapat mengunci dan menyembunyikan aplikasi yang dirasa penting, izin dari aplikasi juga dengan dapat dikelola. Kemudian ada private safe yang seperti brankas pribadi yang cocok untuk menyimpan file-file sensitif dengan aman. Lalu, kid space untuk memantau dan membatasi penggunaan aplikasi yang bisa diakses oleh anak.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter