Categories

Social Media

Fitur Edit Foto dan Video Baru dari Twitter Akan Segera Hadir?

Aditya Daniel - 2 September 2015

Sudah banyak perubahan yang dialami oleh Twitter sejak layanan ini diluncurkan Maret 2006 silam. Fitur terbarunya adalah penghilangan batasan 140 karakter pada Direct Messages yang memungkinkan Anda lebih leluasa berbincang via DM.

Kini Twiter nampaknya sedang menggarap fitur baru yang akan memanjakan kreativitas penggunanya. Twitter dikebarkan sedang melakukan uji coba yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto/video sebelum dibagikan.

Tanda-tanda kehadiran fitur ini bisa kita lihat dari acara VMA Award beberapa waktu yang lalu. Taylor Swift, Pharrell Williams serta beberapa artis lainnya tampak menguji coba fitur edit foto/video ini. Seperti yang dituliskan TechCrunch, namun belum jelas apakah Twitter akan mengumumkan aplikasi anyar untuk mengakomodir fitur ini atau membenamkannya dalam aplikasi resmi Twitter.

Info Menarik: Twitterrific, Aplikasi Twitter Kaya Fitur dan Kustomisasi

Fitur editing ini sebenernya bukan hal yang benar-benar baru untuk Twitter karena kini sebenarnya kita bisa mengedit sebuah foto sebelum di-posting meski hanya terbatas untuk penambahan filter dan cropping. Sedangkan fitur yang sedang diuji ini memungkinkan pengguna untuk menambahakan stiker, emoji hingga gambar kreasi Anda sendiri.

Sebuah posting blog dari Twitter mengenai US Open nampaknya menegaskan tentang akan hadirnya fitur ini. Beberapa pemain tenis top yang mengikuti turnamen US Open tampaknya tengah menguji coba fitur edit foto yang digunakan Taylor Swift dan kawan-kawan.

Meski sebenarnya kita dapat mengedit sebuah foto menggunakan aplikasi edit foto sebelum mempublikasikan lewat akun Twitter, namun dengan hadirnya fitur ini diharapkan pengguna dapat lebih nyaman menggunakan Twitter tanpa harus berpindah-pindah antar aplikasi.

Dengan semakin ketatnya persaingan di ranah sosial media, inovasi mutlak diperlukan. Instagram masih merajai dalam hal media sosial untuk berbagi foto antar penggunanya dengan 300 juta pengguna aktif. Jumlah ini mengalahkan Twitter yang hanya mencatatkan pengguna aktif sebesar 284 juta di tahun lalu.

Info Menarik: Biar Murah, Ponsel Baru Nokia 222 Bisa Buat Internet, Twitter dan Facebook-an

Langkah Twitter dengan menghadirkan fitur edit foto ini bisa menjadikan mereka mampu mengajak pengguna untuk lebih sering menggunggah foto menggunakan layanannya ketimbang Instagram. Saya membayangkan jika nantinya fitur ini dirilis pastilah akan banyak meme bertebaran di timeline Twitter. Bagaimana menurut Anda? Apakah Twitter perlu menghadirkan fitur ini?

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter