Tips & Trik

Fitur Enkripsi Facebook Messenger Rampung Digulirkan, Begini Cara Pakainya

Facebook Messenger kini menawarkan opsi percakapan terenkripsi melalui fitur bernama Secret Conversation

Facebook resmi mengonfirmasi bahwa pihaknya telah merampungkan distribusi fitur enkripsi untuk seluruh pengguna Facebook Messenger. Dengan demikian, kini 1 miliar pengguna aktif Messenger dapat mengobrol tanpa khawatir dimata-matai oleh peretas, agen pemerintah atau bahkan Facebook sendiri. Fitur enkripsi ini diuji pada bulan Juli lalu.

Pun demikian, seperti halnya Google Allo. Fitur enkripsi ini harus diaktifkan secara manual. Berbeda dengan yang dijumpai di WhatsApp yang secara default menerapkan perlindungan enkripsi untuk semua pesan dan media yang dikirimkan.

Untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Jalankan aplikasi Facebook Messenger seperti biasa kemudian tap tombol plus (+) untuk membuat pesan baru lalu tap Write Message.

  • Sebelum memilih kontak, ubah dulu slider ikon gembok ke arah kanan sehingga background header menjadi berwarna hitam. Baru kemudian pilih kontak yang hendak diajak ngobrol.

  • Seperti inilah tampilan jendela chat yang sudah terenkripsi.

  • Cara kedua, kembali ke halaman utama kemudian tap salah satu jendela chat di dalam riwayat obrolan Anda. Kemudian tap ikon tanda seru di sudut kanan atas.

  • Selanjutnya tap Secret Conversation.

  • Anda akan dihantarkan ke jendela obrolan baru yang juga sudah terenkipsi. Untuk mengubah tenggat kadaluarsa pesan, silahkan tap ikon jam yang berada di sisi paling kanan menu percakapan.

  • Di sini baru anda dapat mengubah waktu kadaluarsa pesan mulai dari hitungan menit hingga seharian.

Selain menerapkan langkah-langkah di atas, Anda juga dapat menjumpai fitur Secret Conversation di pengaturan akun.

Berdasarkan lansiran Wired, fitur ini menggunakan teknologi serupa di Signal encryption system yang dikembangkan oleh perusahaan non profit Open Whisper Systems.

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter