6 September 2018

by Bambang Winarso

Fitur Events dan Data Elevasi Perkaya Google Maps untuk iOS

Keduanya dapat dijumpai di Google Maps versi 4.57 untuk iOS

Aplikasi Google Maps untuk iOS kembali menerima pembaruan yang berpotensi bakal memberi manfaat lebih pada penggunanya. Fitur-fitur baru ini termasuk panel Event dan data Elevasi untuk pejalan kaki dan bersepeda. Keduanya dapat dijumpai di Google Maps versi 4.57.

Panel Event baru dapat dijumpai di tab Explore atau Jelajahi, menampilkan semua peristiwa yang terjadi di sekitar lokasi pengguna. Seperti pertunjukan konser, stand-up komedi, demo memasak, atau nonton bareng di taman publik. Hanya saja, dikarenakan cakupannya yang belum merata, tidak semua acara akan tampil di panel baru ini meskipun Anda sudah mengunduh Google Maps versi terbaru.

Fitur baru lainnya di Google Maps adalah grafik elevasi yang menunjukkan data elevasi rute yang akan dilalui saat di mode bersepeda atau berjalan. Data ini membantu pengguna untuk memilih jalur yang paling nyaman untuk ditempuh. Tentu, tiap-tiap pengguna membutuhkan waktu yang berbeda untuk memahami makna dari setiap angka yang ditampilkan. Fitur ini sudah tersedia di Google Maps versi web sejak beberapa waktu yang lalu, dan kini tersedia di dalam aplikasi mobile.

Kembali ke beberapa bulan yang lalu, Google sudah melakukan pembaruan pada Maps dengan menambahkan tab Explore. Di saat bersamaan, Maps juga menawarkan rekomendasi tempat-tempat untuk makan dan minum mencakup restoran, bar, kafe, tempat-tempat menarik seperti pusat kebugaran, museum, dan perpustakaan, pusat perbelanjaan menurut kategori, dan layanan lain seperti ATM, SPBU dan hotel.

Google masih belum akan berhenti berinovasi. Belum lama ini mereka juga dikabarkan sedang menggodok tab baru berlabel Commute yang disebut-sebut bakal menjadi nama baru bagi Transit dan Driving. Kedua fitur ini akan dilebur dan dirombak ulang sehingga lebih mewakili kebutuhan personal pengguna global.

Sumber berita PhoneArena.