Facebook baru saja mengumumkan peluncuran alat pencarian pekerjaan ke lebih dari 40 negara. Fitur ini telah tersedia di Amerika Serikat dan Kanada sejak tahun lalu dan kini lebih banyak pengguna dipastikan bisa memperoleh manfaat selain menghabiskan waktu menggeser timeline di Facebook.

Wakil presiden Local, Alexel Himel mengatakan dalam rilis resminya di Newsroom bahwa bisnis lokal menciptakan lebih dari 60 persen pekerjaan baru, menambahkan bahwa jajak pendapat Morning Consult terhadap 5.000 orang dewasa menemukan bahwa kira-kira seperempat dari mereka sukses menemukan pekerjaan melalui Facebook.

Fitur Jobs mulai diuji oleh Facebook pada bulan November 2016, dan secara resmi diluncurkan di kawasan Amerika Serika dan Kanada pada bulan Februari lalu. Facebook menggabungkan agregator pekerjaan ZipRecruiter ke dalam proses aplikasi pekerjaannya pada bulan September yang lalu, dan mulai menguji fitur pengiriman resume pada bulan berikutnya.

Meski belum bisa diakses di Indonesia, akses fitur ini diyakini akan terus diperluas mengingat Indonesia termasuk salah satu pasar terbesar Facebook. Dalam praktikknya, untuk mencari pekerjaan di Facebook, pengguna dapat mengakses halaman Jobs.

Begitu mereka menemukan posisi yang mereka minati, pencari kerja dapat membuat sebuah aplikasi, yang akan terisi secara otomatis dengan informasi dari profil Facebook mereka, termasuk riwayat pekerjaan. Perusahaan hanya dapat melihat informasi yang diberikan oleh pemohon dan informasi yang tersedia untuk umum dari profil mereka. Namun, tentu saja aplikasi tersebut bisa diedit sebelum diserahkan.

Begitu permohonan diajukan, percakapan Messenger akan dibuka antara pemohon dan pencari tenaga kerja (pengelola fan page), memungkinkan kontak langsung antara kedua pihak dan bahwa permohonan tersebut diterima.

Untuk bisnis yang ingin daftar posisi yang tersedia, pengelola fan page dapat membuat lowongan kerja secara langsung melalui halaman mereka, termasuk rincian seperti judul pekerjaan, jenis pekerjaan (full-time, intern, part-time) dan gaji.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.