Di bulan Juli silam, Sony mengumumkan dibukanya pendaftaran bagi pemilik PlayStation 4 yang ingin menjajal lebih dulu konten dari update besar untuk home console tersebut via tes beta. Saat itu, Sony sempat menyebutkan beberapa fitur baru, di antaranya ada dukungan hard disk eksternal, kemampuan memilih wallpaper kustom, serta pembaruan pada bagian quick menu.

Namun bahkan sebelum periode uji coba dimulai, Eurogamer telah lebih dulu mendapatkan release note dari update firmware PlayStation 4 ke versi 5.0. Selain dari yang telah Sony sebutkan sebelumnya, perombakan terbesar akan diterapkan pada sistem akun master/sub, lalu ada penambahan kemampuan buat mem-follow user lain dan pembubuhan fitur notifikasi di quick menu PS4.

Upgrade menarik lain yang dibawa oleh firmware 5.0 adalah kapabilitas streaming Twitch di resolusi full-HD (1080p) dengan 60-frame rate per detik khusus di unit PlayStation 4 Pro. Buat sekarang, pemilik versi lebih canggih dari current-gen console Sony itu sudah bisa memanfaatkan setting serupa di Remote Play dan Share Play.

Selanjutnya, Sony turut mengungkapkan keinginan mereka mendorong user untuk men-share konten dan melakukan lebih banyak interaksi. Manifestasi ide ini adalah dengan menghadirkan fitur following ala Twitter di versi 5.0, seperti yang ada di Xbox One. Buat sementara, Anda cuma bisa ‘mengikuti’ user-user terverifikasi seperti akun resmi video game, sejumlah developer serta beberapa YouTuber terkenal.

Update tersebut juga membuka fungsi sederhana, namun sangat berguna: ketika seseorang membagikan sebuah video keren, user PlayStation 4 lain akan dapat melihat dan men-share-nya lagi.

Nantinya kita dipersilakan mem-follow siapapun tanpa perlu melakukan permintaan pertemanan dan tanpa mengisi slot jumlah teman. Lalu gamer juga dapat mengustomisasi agar hanya teman yang bisa mengikuti akun kita, serta menggunakan fungsi blokir.

Update firmware 5.0 akan memperluas opsi akun ‘sub’ di PlayStation 4. Sony menyediakan fitur akun dewasa, mempersilakan Anda mengonfigurasi fungsi parental control untuk mengatur akun anak yang berbeda. Anda bisa memilah konten apa yang diperbolehkan serta menentukan durasi bermain. User juga dapat meminta izin akun dewasa agar ia menjadi bagian dari keluarga itu.

Kemudian akan ada aplikasi web yang memungkinkan kita mengelola dan mengendalikan akun-akun tersebut lewat PC serta perangkat mobile.

Sejauh ini, Sony belum memberi tahu kapan update firmware 5.0 akan dilepas.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.