Fitur Google Lens Kini Tersedia di iOS Melalui Aplikasi Google Photos

Fitur Google Lens Kini Tersedia di iOS Melalui Aplikasi Google Photos

Lens memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi objek dalam foto, mengakses informasi yang lebih mendalam, serta 'mengekstrak' detail dari foto
Google Lens in iOS
Google Lens in iOS

Awalnya hanya merupakan fitur eksklusif untuk Pixel 2, Google Lens perlahan mulai merambah ke smartphone lain, bermula dari Pixel generasi pertama. Kemudian di awal bulan Maret ini, Google merilis fitur yang sama untuk semua smartphone Android melalui aplikasi Google Photos, dan sekarang, Google Lens akhirnya juga tersedia di iOS.

Seperti di Android (non-Pixel), Google Lens pada perangkat iOS hanya bisa diakses melalui aplikasi Google Photos – pastikan aplikasinya adalah versi yang terbaru (versi 3.15). Fitur ini berguna untuk mengidentifikasi beragam objek pada foto, serta mengakses informasi ekstra mengenai objek-objek tersebut.

Pada foto tampak depan suatu restoran misalnya, Lens bisa memberikan informasi seperti jam buka, alamat lengkap maupun nomor yang bisa dihubungi. Lens pun juga dapat mengidentifikasi objek-objek seperti hewan, tanaman, buku maupun berbagai lukisan di museum yang terdapat pada foto.

Google Lens in iOS

Contoh lain yang lebih bermanfaat adalah kemampuan Lens untuk menambahkan event baru pada kalender pengguna setelah mengidentifikasi sebuah selebaran atau baliho acara pada foto. Di samping itu, Lens juga bisa ‘mengekstrak’ informasi dari sebuah kartu nama (alamat dan nomor telepon misalnya), lalu menyimpannya secara otomatis pada daftar kontak pengguna.

Perlu dicatat, Lens hanya bisa diaktifkan pada foto yang sudah tersimpan di Google Photos, sesuai dengan panduan resmi dari Google. Jadi kalau Anda tidak menemukan tombol Lens, pastikan fotonya sudah tersimpan dulu di Google Photos, dan bahasa yang digunakan di perangkat Anda adalah bahasa Inggris.

Google tidak lupa menggarisbawahi bahwa fitur ini baru sebatas preview, yang berarti kemampuannya masih cukup terbatas, apalagi jika dibandingkan dengan yang dipamerkan Google pada acara pengumumannya pertama kali. Satu hal yang pasti, Google akan terus mematangkannya seiring berkembangnya teknologi machine learning.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…