Categories

Mobile

Instagram Berikan Fitur Keamanan Baru untuk Penggunanya

Instagram hadirkan tiga fitur sekaligus, salah satunya berupa dukungan otentikasi dua langkah dengan aplikasi pihak ketiga

Bambang Winarso - 30 August 2018

Pengguna Instagram tak lama lagi bakal mendapatkan proteksi lebih dari ancaman orang-orang usil di luar sana. Jejaring sosial milik Facebook itu baru saja mengumumkan sedang menggulirkan penambahan dukungan untuk otentikasi aplikasi pihak ketiga yang bertujuan memperketat keamanan akun pengguna setianya.

Sebelumnya, Instagram sudah menawarkan fitur faktor keamanan dua arah yang cara kerjanya menggunakan nomor ponsel untuk mengirimkan kode keamanan tambahan ketika pengguna login ke dalam aplikasi. Cara ini dianggap yang paling aman, namun bagi pengguna yang merasa kurang nyaman dengan cara ini segera bisa mencoba alternatif baru yang ditawarkan oleh Instagram.

Otentikasi dua langkah baru dari Instagram memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun dengan aplikasi Authenticator seperti Authy, Duo atau Google Authenticator tanpa nomor ponsel, diklaim lebih cepat dan mudah. Fitur ini dapat menjadi alternatif ketika pengguna sedang berada jauh dengan ponsel utamanya.

 

Dalam pengumunan resminya di blog, Instagram mengatakan pembaruan untuk aplikasi authenticator pihak ketiga sudah mulai diluncurkan dan akan tersedia untuk pengguna global dalam beberapa minggu mendatang. Mereka yang sudah kebagian dapat menemukan fitur tersebut di menu Pengaturan – ¬†Autentikasi Dua Faktor, lalu memilih “Aplikasi Otentikasi” untuk menerapkan otentikasi dua faktor yang tidak melibatkan nomor telepon.

 

Selain peningkatan otentikasi dua faktor, Instagram juga memperketat keamanan akun dengan panel baru bernama About This Account yang akan disematkan ke akun orang-orang berpengaruh seperti selebritis, tokoh negara, dan pemerintahan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa informasi dan memastikan keaslian akun.

 

Terakhir, Instagram akhirnya merilis juga fitur permintaan verifikasi berupa lencana centang biru yang prestisius. Tetapi, Instagram sekali lagi menegaskan bahwa proses verifikasi akan dilakukan secara manual. Akun yang tidak memenuhi kriteria tidak akan bisa mendapatkan lencana verifikasi yang diminta.

Sumber berita Instagram dan gambar header

Ilustrasi Instagram di iPhone
Ilustrasi Instagram di iPhone

.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter