13 February 2017

by Bambang Winarso

Fitur Keamanan Dua Langkah Sudah Bisa Digunakan Semua Pengguna WhatsApp

Fitur ini sebelumnya baru muncul di versi beta, kini semua pengguna sudah bisa menggunakannya

WhatsApp kini menjadi platform percakapan yang lebih aman setelah pengembang di balik aplikasi kepunyaan Facebook itu resmi merilis fitur otentikasi dua faktor atau dua langkah keamanan untuk seluruh penggunanya. Kedatangan fitur ini membantu pengguna untuk mengamankan akunnya secara lebih optimal.

Fitur keamanan ini sudah digodok dalam fase beta sejak beberapa bulan yang lalu, dan sekarang semua pengguna akhirnya bisa mulai menerapkannya di akun masing-masing. Sebagai pengingat saja, fitur keamanan dua langkah atau (2FA) merupakan fitur keamanan yang menambahkan lapis kedua ke dalam proses login ke akun, membuat siapapun yang bermaksud menyusup akan menghadapi prosedur keamanan yang super sulit.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan ini, pengguna cukup membuka menu Setting – Account - Two-step verification kemudian ubah ke Enable. Setelah diaktifkan, Anda harus memasukkan enam digit kode passcode untuk memverifikasi nomor ponsel Anda di WhatsApp.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan opsi penambahan alamat email untuk jaga-jaga jika pengguna lupa enam digit passcode atau mematikan fitur dua faktor keamanan dari jarak jauh. Alamat email juga akan menjadi sarana bagi WhatsApp untuk memberitahukan pengguna jika seseorang mencoba mengakses akun mereka.

Untuk membantu pengguna tetap ingat dengan passcode mereka, WhatsApp akan secara berkala meminta pengguna memasukkan kode saat sedang menggunakan aplikasi.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Pixabay.