11 November 2016

by Bambang Winarso

WhatsApp Beta Kini Lindungi Pengguna dengan Keamanan Dua Langkah

Fitur keamanan dua langkah mencegah orang lain menggandakan akun dengan nomor ponsel yang sama

Kabar soal kehadiran fitur dua langkah (two-factor authentication) di WhatsApp sudah sejak lama beredar, tapi setelah sekian bulan berlalu fitur itu tak kunjung terealisasi. Baru sekarang akhirnya fitur itu mulai diuji secara nyata meskipun masih dalam tahap beta.

Kini, penggung WhatsApp beta versi 2.16.341 ke atas bakal menjumpai sebuah menu baru di pengaturan yang menjelaskan tentang fitur baru itu dan langkah untuk mulai menggunakannya.

Fitur keamanan dua langkah sudah jadi fitur standar di sejumlah layanan online dan aplikasi mobile. Tujuan dari fitur ini adalah memastikan akun tetap aman dari upaya peretasan. Fungsi yang sama juga ditujukan untuk pengguna WhatsApp.

Saat pertama kali diaktifkan, WhatsApp akan meminta kode verifikasi 6 digit dan alamat email untuk akses alternatif jika Anda lupa dengan kode tersebut dan untuk jaga-jaga jika suatu hal terjadi dengan aplikasi Anda.

Setelah proses itu dilakukan, kini tak ada satu orang pun yang dapat menggunakan nomor ponsel yang sama di WhatsApp tanpa kode enam digit tersebut. Yap, berbeda dengan fitur keamanan dua langkah di Twitter atau Instagram, di WhatsApp fitur ini ditujukan untuk mencegah penggandaan akun di perangkat berbeda mengingat akses WhatsApp tidak membutuhkan prosedur login.

Fitur ini menjadi penambahan menggembirakan setelah sebelumnya WhatsApp versi beta juga diperkaya dengan fitur β€œStatus” yang bekerja seperti Story kepunyaan Snapchat dan panggilan video.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Pixabay.