Categories

Game

Fitur Live Streaming Facebook Kini Bisa Diintegrasikan ke Semua Game

Developer juga dapat menerapkan sistem insentif guna mengundang lebih banyak penonton

Glenn Kaonang - 20 March 2018

Berawal dari integrasi fitur live streaming-nya pada gamegame besutan Blizzard, Facebook rupanya punya visi yang cukup besar di industri gaming. Dalam ajang Game Developers Conference (GDC) yang sedang dihelat di kota San Francisco, media sosial terbesar sejagat itu mengumumkan SDK (software development kit) baru khusus untuk para game developer.

Facebook Games SDK sederhananya bakal membantu para pengembang untuk memaksimalkan platform Facebook pada karyanya masing-masing. Yang paling utama tentu saja adalah lewat integrasi fitur live streaming, di mana pemain bisa langsung menyiarkan sesi bermainnya ke Facebook tanpa bantuan software tambahan.

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, fitur live streaming ini bisa diaktifkan dengan cara semudah menekan tombol shortcut saja. Bukan cuma untuk game PC, integrasi yang sama nantinya juga dapat diimplementasikan pada game mobile.

Facebook tidak lupa memikirkan cara agar para streamer bisa menarik perhatian lebih banyak penonton. Developer nantinya bisa memberikan hadiah berupa item dalam game kepada mereka yang menonton suatu sesi live streaming.

Sistem in-game reward sudah diterapkan dalam turnamen game Paladins / Facebook
Sistem in-game reward sudah diterapkan dalam turnamen game Paladins / Facebook

Insentif seperti ini semestinya bisa mengundang ketertarikan lebih banyak penonton, dan ini telah dibuktikan oleh Hi-Rez Studios selaku pengembang Paladins. Selama kompetisi Paladins Global Series berlangsung, mereka melihat peningkatan engagement dan reaksi positif dari para penonton berkat adanya fitur in-game reward semacam ini.

Ketika penontonnya bertambah banyak, otomatis sang streamer akan lebih termotivasi untuk terus membuat konten. Hasil akhirnya, terbentuk suatu komunitas yang cukup aktif, dan inilah yang diharapkan Facebook bisa menjadi nilai jual SDK-nya di mata para pengembang game.

Juga menarik adalah bagaimana elemen sosial suatu game dapat diamplifikasi oleh Facebook. Semisal Anda rutin bermain PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Anda dapat mencari para pemain lain dari daftar teman atau Facebook Group yang Anda ikuti. Matchmaking berdasarkan Facebook Group pun juga dimungkinkan.

Facebook Games SDK memang hanya ditujukan buat para developer, akan tetapi dampaknya cukup besar bagi kita para pemain. Semoga saja ada banyak developer yang akan menerapkannya dalam waktu dekat.

Sumber: PCGamesN dan Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter