Categories

Mobile

Fitur Navigasi di Google Maps Kini Bisa Diakses Secara Offline

Plus tampilkan informasi lengkap suatu lokasi meski koneksi internet sedang sirna

Glenn Kaonang - 11 November 2015

Google Maps selama ini sudah punya mode offline. Meski demikian, sejatinya tidak banyak yang bisa kita lakukan dalam posisi offline selain melihat nama-nama jalan di suatu wilayah. Padahal, seperti yang sering saya alami ketika sedang dalam perjalanan ke suatu tempat, sinyal jaringan seluler condong kurang stabil karena terus berpindah dari satu menara BTS ke yang lain.

Untuk itulah dibutuhkan fitur yang lebih lengkap dari mode offline milik Google Maps. Well, kalau Anda menggunakan perangkat Android, mulai hari ini aplikasi Google Maps versi terbaru akan menawarkan fungsi offline navigation, alias navigasi terpandu meski sedang tidak ada koneksi internet.

Cara kerjanya sama seperti sebelumnya, dimana Anda bisa memilih sebuah area untuk diunduh sehingga Anda tetap bisa mengaksesnya ketika tidak ada koneksi internet. Bedanya kali ini "Offline Areas" juga akan mengemas informasi-informasi lokasi setempat, mulai dari jam beroperasi sampai info kontak dan rating dari pengunjung, plus fungsi turn-by-turn navigation itu tadi.

Satu-satunya hal yang tak bisa didapat ketika berada dalam mode offline adalah informasi kondisi lalu lintas. Namanya saja info real-time, jadi sudah pasti dibutuhkan koneksi internet untuk mendapatkannya.

Mode offline dalam Google Maps akan otomatis aktif ketika koneksi internet Anda sirna atau sekedar putus-putus. Saat koneksi kembali stabil, Google Maps pun akan kembali online, menampilkan informasi kondisi lalu lintas secara real-time.

Kalau Anda masih penasaran tentang cara kerjanya, silakan simak video demonstrasinya yang diambil pada ajang Google I/O bulan Mei kemarin. Buat pengguna Google Maps di iOS, sepertinya Anda masih harus bersabar karena fitur navigasi offline ini masih belum siap diterapkan di sana.

Sumber: Google Blog via TheNextWeb. Gambar header: Google Maps via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter