Categories

Mobile

Fitur Nearby Hadir di Aplikasi Wikipedia Untuk Android

Michael Erlangga - 22 October 2014

Demi memudahkan para pembacanya menyerap informasi dengan cepat, aplikasi Wikipedia untuk Android kini memiliki fitur Nearby yang mengizinkan pencarian artikel berdasarkan lokasi pengguna saat ini. Dengan mengaktifkan layanan GPS di perangkat mobile mereka, nantinya pengguna disuguhkan serangkaian artikel seputar tempat maupun kejadian berdasarkan rentang jarak tertentu.

Siapa yang tak mengenal Wikipedia? Sebuah ensiklopedia online yang memuat banyak sekali artikel tentang berbagai macam hal dari belahan dunia. Uniknya, Wikipedia berkembang oleh dan untuk para pembacanya, sehingga dapat diakses secara gratis.

Diberitakan pertama kali oleh TheNextWeb, Wikipedia menghadirkan fitur, yang awalnya diperkenalkan pada bulan Mei tahun 2013 silam untuk pengguna yang ingin mengakses laman Wikipedia melalui mobile browser. Dalam perkembangannya kini fitur tersebut disematkan sebagai fitur bawaan di aplikasi Wikipedia untuk Android.

Dikembangkan oleh organisasi non-profit Wikimedia Foundation, fitur Nearby dapat diakses langsung dari menu utama aplikasi sehingga mempersingkat waktu pengguna dengan menyajikan berbagai artikel terkait bangunan, taman, museum, dan segala sesuatu yang terjadi berdasarkan lokasi pengguna. Namun sebelumnya pengguna diharuskan memberi izin penggunaan GPS pada perangkat untuk memaksimalkan fitur ini.

Sebagai informasi tambahan, serangkaian fitur ini merangkum data menggunakan metode GeoData yang telah dikembangkan untuk MediaWiki. Koordinat lokasi yang terasosiasi dengan artikel disimpan secara terpisah dengan database Wikipedia itu sendiri. Skema ini dilakukan demi mempermudah proses pencarian yang dilakukan oleh pengguna yang berbeda.

Meskipun aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat Android  sekarang, ternyata di beberapa negara berkembang Wikipedia yang diakses melalui mobile browser menunjukkan angka pertumbuhan yang cukup signifikan. Terbukti pada awal tahun 2013, Wikipedia mengumumkan data bahwa mereka memiliki tiga juta pengunjung aktif tiap bulannya melalui mobile browser.

Fitur Nearby tentu saja banyak membantu pengguna, terlebih jika mereka berada di suatu area yang baru saja mereka lalui. Secara tidak langsung aplikasi Wikipedia untuk Android dapat menjadi pemandu tur yang memperkenalkan tempat-tempat layak untuk dikunjungi menurut mereka.

Belum ada informasi lebih lengkap mengenai ketersediaan aplikasi ini pada platform iOS. Jika tertarik, Anda pengguna perangkat Android silakan unduh Wikipedia untuk Android di Google Play Store.

[Foto: Dok. Trenologi]

This Android Channel is sponsored by Baidu. Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs. Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%; Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly; Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in; Free: 100% free to download and use. Download Baidu Browser: link.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter