Categories

Gadget

Fitur OPPO A16 untuk Menunjang Produktivitas Para Pelaku UMKM

Dari harga yang terjangkau, ColorOS 11, hingga tiga AI kamera belakang

Lukman Azis - 1 November 2021

Membangun bisnis di era new normal membutuhkan strategi yang berbeda. Para pelaku UMKM harus adaptif dan memanfaatkan teknologi dengan lebih baik, salah satunya memaksimalkan penggunaan smartphone.

Belum lama ini OPPO Indonesia mengadakan acara 'Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series' untuk mendukung para pelaku UMKM dalam berbisnis di era digital dengan mengandalkan OPPO A16.

Pada acara tersebut, OPPO membahas fitur-fitur fungsional di OPPO A16 yang telah digunakan oleh Inn and Props. Serta, berbagi tips food & product photography bersama Meyani Kristina Ningrum - seorang penggiat fotografi untuk UMKM.

Sekarang mari kita bahas lebih lanjut alasan kenapa OPPO A16 merupakan perangkat yang mumpuni untuk mendukung aktivitas usaha.

Harga yang Terjangkau

Kenapa memilih OPPO A16? Maka salah satu alasan kuatnya ialah karena harganya yang tidak terlalu mahal. OPPO A16 dijual mulai dari Rp1.999.000 untuk konfigurasi memori 3GB/32 GB dan Rp2.499.000 untuk varian 4GB/64 GB.

Harga tersebut membuat OPPO A16 dapat dijangkau secara luas oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah dan skala usahanya masih kecil. Lagi pula, smartphone kelas terbaru memiliki performa yang mulus dan ditambah OPPO meraciknya dengan beragam fitur.

ColorOS 11.1 Berbasis Android 11

Agar bisnis bisa bergerak maju, selain memaksimalkan yang sudah ada - kita juga harus terus menerus berinovasi dengan mempelajari hal-hal baru terkait dengan bisnis utama. Berkat teknologi, materi pembelajaran begitu mudah diakses lewat layar smartphone. Baik dalam bentuk artikel, video, podcast, serta berbagai workshop dan webinar yang bisa diikuti secara online.

Kegiatan tersebut bisa dengan mudah dilakukan pada OPPO Reno6, sebab ia telah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Artinya dari segi sistem operasi memang sudah dioptimalkan.

Dapur pacunya ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G35 dan ditopang RAM hingga 4GB. Ia juga punya system booster yang dirancang untuk mengurangi lag sebesar 18%.

Berdasarkan pengalaman saya setelah mencobanya seminggu, proses membuka dan berpindah aplikasi terasa cukup cepat. Begitu pula saat multitasking menggunakan fitur FlexDrop yakni membuka aplikasi di atas aplikasi yang lain.

Tiga Kamera AI untuk Bikin Konten

Di era new normal, produk yang dijual harus bisa diakses dan juga dipromosikan secara online. Dengan tiga kamera AI pada OPPO A16, kita bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas, baik untuk katalog maupun materi promosi di media sosial.

Tiga unit kamera AI pada OPPO A16 terdiri dari kamera utama 13MP dengan lensa wide 80 derajat dan punya kemampuan digital zoom 2-5x. Bersama kamera bokeh 2MP untuk mode portrait dan 15 opsi filter, serta kamera makro 2MP untuk bidikan jarak dekat.

Tips untuk memotret foto produk dengan OPPO A16 bisa dilihat di sini. Kuncinya ialah pencahayaan, siapkan alas foto dan properti yang relevan sesuai tema, serta berkreasi dengan komposisi, sudut pengambilan gambar, filter, dan gunakan Expert Mode untuk kontrol lebih luas.

Satu hal penting lagi ialah jangan lupa editing, misalnya bisa menggunakan Lightroom untuk menyempurnakan eksposur dan warna lebih lanjut sesuai preferensi. Lalu, sematkan caption yang menarik bila perlu.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter