Categories

Mobile

Fitur Panggilan Video Grup untuk Skype Versi Mobile Resmi Diluncurkan

Satu percakapan video grup bisa menampung 25 orang sekaligus

Glenn Kaonang - 19 February 2016

Kabar menggembirakan yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Microsoft secara resmi merilis fitur panggilan video grup untuk Skype versi mobile selang satu bulan setelah mengumumkan rencananya.

Apa yang dijanjikan Microsoft tidak meleset sama sekali. Fitur panggilan video grup ini bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna smartphone dan tablet Android, tidak ketinggalan pula pengguna iPhone dan iPad.

Mengingat jumlah pengguna perangkat mobile terus bertumbuh setiap harinya, Microsoft pun memutuskan untuk meningkatkan jumlah orang yang bisa ikut dalam sebuah percakapan video grup dari 5 orang menjadi 25 orang. Entah itu sekadar kumpul-kumpul keluarga besar atau rapat bulanan suatu divisi perusahaan, semuanya bisa dilakukan selagi mobile.

25 orang sekaligus, apakah server Skype tidak jebol? Well, Microsoft sudah siap dengan solusinya. Mereka telah bekerja sama dengan Intel untuk mengaplikasikan codec SILK Audio di server miliknya secara optimal. Sederhananya, teknologi ini akan memastikan kualitas suara di sepanjang percakapan video grup tetap jernih dan kualitas videonya tampil dalam resolusi HD, tentu saja dengan catatan koneksi internet yang kita gunakan cukup cepat dan stabil.

Dari segi interface, Microsoft ingin semuanya bisa berjalan mulus di smartphone dan tablet. Pengguna bebas memilih dua jenis tampilan: Grid View akan menampilkan semua peserta percakapan video grup secara bersamaan, sedangkan Focus View akan menyorot peserta yang sedang aktif berbicara secara otomatis. Pengguna juga bisa memilih secara manual peserta mana yang ingin terus disorot, misalnya bos Anda dalam konteks kerja, atau sepupu Anda yang baru saja dikaruniai anak dalam konteks keluarga.

Bersamaan dengan itu, Microsoft turut memperluas fitur invite via link ke Android dan iOS. Hal ini berarti Anda bisa mengundang pengguna lain ke dalam percakapan video grup dengan mengirimkan link melalui email, WhatsApp, Twitter, Facebook maupun aplikasi lainnya.

Mereka juga tidak harus berada dalam daftar kontak Anda. Cukup dengan mengklik link yang Anda kirim, mereka sudah bisa bergabung dalam percakapan. Lebih hebat lagi, mereka tetap bisa bergabung meski tidak punya akun Skype, dengan bantuan Skype for Web di komputer.

Fitur panggilan video grup gratis untuk Skype versi mobile ini akan dirilis secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan. Microsoft memprediksi di bulan Maret fitur ini sudah merambah pengguna di seluruh dunia. Pastikan aplikasi Skype Anda sudah mendapat update versi terbarunya.

Sumber: Skype Blog. Gambar header: Skype via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter