Open Whisper Systems akhirnya secara resmi menghadirkan fitur panggilan video ke pengguna publik baik yang menggunakan Signal versi Android maupun iOS. Fitur panggilan video terenkripsi ini sebelumnya menyambangi fase beta di bulan Februari kemarin. Sekarang, kurang dari sebulan, fitur tersebut akhirnya bisa mulai digunakan secara publik. Open Whisper Systems juga menjanjikan peningkatan kualitas suara, dan menghadirkan opsi koneksi peer-to-peer untuk menekan latensi panggilan. Kemudian khusus untuk perangkat iOS, aplikasi mengizinkan pengguna untuk menjawab panggilan langsung dari lock screen serta mengidentifikasi serta sinkronisasi kontak ke layanan iCloud.

Meski pembaruan ini merupakan perubahan positif bagi Signal. Namun ada dua catatan penting yang terkait dengan privasi penggunanya. Pertama, koneksi P2P memang inovatif, tapi metode ini sangat mungkin mengungkap alamat IP sehingga berpotensi mengekspos lokasi pengguna. Kedua, memperbolehkan aplikasi menjawab panggilan dari lock screen iOS juga dikhawatirkan mengekspos privasi dengan cara yang sulit didiagnosa.

Tetapi seperti halnya pesan teks, panggilan video di Signal tetap terlindungi oleh standar enkripsi yang sama, end-to-end. Dan selain integrasi Call Kit, pengguna iOS juga dapat melakukan panggilan melalui aplikasi kontak native dan bahkan menemukan percakapan di “panggilan terbaru” di rekaman panggilan. Tetapi jika pengguna tidak menginginkan integrasi ini, mereka dapat dengan mudah mematikannya melalui panel pengaturan. Begitu juga untuk koneksi P2P jika khawatir dengan pelanggaran privasi.

Sumber berita Whispersystems.

Application Information Will Show Up Here