WhatsApp dilaporkan telah mulai menguji fitur pembayaran berbasis UPI di India. Fitur baru ini, tersedia untuk beberapa pengguna WhatsApp beta Android dan iOS terpilih, memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang menggunakan standar Unified Payments Interface (UPI) pemerintah India.

Fitur ini disebutkan baru tersedia di WhatsApp versi 2.18.21 untuk Android dan versi 2.18.41 untuk iOS. Mengingat basis pengguna WhatsApp yang cukup besar di India dan bahkan dunia, integrasi platform pembayaran ini dapat mendorong adopsi pembayaran digital yang bisa membuka peluang-peluang baru.

Berdasarkan kesaksian sejumlah pengguna, fitur pembayaran via WhatsApp dapat diakses dari tombol attachment yang terpajang di jendela percakapan. Opsi Payment terletak di pilihan lain di samping Document, Camera, Gallery, Audio, Location dan Contact. Ketika dipilih, pengguna akan melihat jendela pemberitahuan aturan main yang diikuti oleh daftar bank untuk dikaitkan ke akun pengguna.

whatsapp-upi-payments

Bagi yang sudah menggunakan sistem UPI, mereka cukup melakukan integrasi ke akun WhatsApp. Sedangkan bagi non-pengguna, merereka harus melakukan otentikasi PIN dan membuat akun UPI sebelum bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Setelah semua pengaturan rampung, pengguna dapat melakukan transaksi dari WhatsApp. Dan berhubung menggunakan sistem UPI, maka dana yang ditransfer akan sampai dalam hitungan detik.

Sayangnya, seperti sejumlah fitur yang melalui fase beta lainnya, belum jelas apakah WhatsApp benar-benar akan membawanya ke versi final sehingga bisa digunakan oleh publik. Tapi, betul bahwa kehadiran fitur pembayaran di WhatsApp akan membuka peluang ke banyak hal, termasuk menghasilkan pemasukan dari merchant atau transaksi bersifat komersil, seperti pembelian barang dan lain-lain.

Sumber berita Gizchina.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.