Layanan berbagi foto milik Facebook, Instagram dilaporkan sedang menguji formulir dalam aplikasi yang memungkinkan semua akun berkesempatan untuk mendapatkan tanda centang biru yang didambakan oleh banyak orang.

Memang pada faktanya, tidak semua akun Instagram bisa mendapatkan status “Verified” sebagai bukti bahwa akun tersebut merupakan akun resmi, asli, otentik, terpercaya atau apapun sebutan lainnya. Verifikasi memberi legitimasi dan kepercayaan. Oleh karenanya, hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkannya. Seperti kepala pemerintahan, artis, organisasi dan brand tertentu. Bahkan di masa lalu, simbol tanda centang biru tersebut pernah menjadi komoditas yang ditawarkan dengan harga selangit karena beberapa orang bersedia membayar mahal demi mendapatkannya. Walaupun pada akhirnya berujung pada tindakan penipuan.

Instagram-verification-request

Formulir permintaan verifikasi disebut saat ini tersedia untuk pengguna iOS dan hanya terbatas di Australia. Platform Android diyakini mengikuti di belakang dalam beberapa minggu mendatang. Dalam proses pengajuan tersebut, pengguna wajib memberikan nama pengguna, nama lengkap dan identifikasi berupa kartu identitas asli. Ketika permohonan diajukan, Instagram akan melakukan pemeriksaan secara manual pada akun terkait. Jika memenuhi persyaratan, maka tanda centang biru akan muncul di sebelah akun.

Instagram sendiri belum buka suara terkait pengujian ini, namun kemungkinan besar Australia hanyalah permulaan sebelum digulirkan secara global. Menarik juga untuk melihat bagaimana cara Instagram mempersiapkan diri menghadapi gelombang permohonan yang tentu akan meledak jika fitur ini tersedia di pasar global. Terlebih proses verifikasi haruslah dilakukan secara manual.

Sumber berita Nine dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.