Categories

Opini

Fitur Peta di Goorme dan Rencana Pengembangan Fitur Baru

Wiku Baskoro - 3 September 2010

Goorme.com merupakan sebuah situs yang menampilkan apapun yang berkaitan tentang kuliner, semacam showcase makanan serta hal-hal lain yang ada hubungannya dengan kuliner, jadi selain makanan, Goorme juga membahas lokasi dimana makanan itu berada, resep makanan, serta berbagai promosi yang berhubungan dengan makanan.

Rama pernah menuliskan tentang beberapa kelebihan serta layanan yang disediakan oleh Goorme di artikel DailySocial, yang bisa Anda baca pada tautan ini.

Beberapa waktu yang lalu, Goorme meluncurkan fitur baru yang berhubungan dengan peta. Kini Goorme telah mengintegrasikan fitur peta pada situs mereka, Ivan dari Goorme mengatakan bahwa fitur peta yang menggunakan layanan dari Google ini telah bisa dinikmati oleh para pengguna sejak seminggu yang lalu, namun Ivan juga menambahkan bahwa, "belum semua alamat bisa terdeteksi, salah satu sebabnya adalah sistem penamaan jalan di Indonesia yang belum begitu rapi".

Pengunjung Goorme nantinya bisa melihat peta dari lokasi tempat makan yang ada di Goorme, jadi selain alamat serta keterangan tentang lokasi tersebut, Anda bisa melihat informasi tentang dimana lokasi mereka berada. Kurang menarik? Anda harus menunggu fitur peta lanjutan yang sedang dikembangkan Goorme, karena fitur peta ini nantinya akan dikembangkan lebih lanjut dengan Driving Direction, serta fitur lokasi yang lebih detail. Ivan menjelaskan, pengembangan yang dilakukan akan lebih ke arah layanan berbasis lokasi.

Selain fitur peta ini, Goorme sebenarnya memiliki beberapa fitur lain yang akan diluncurkan, yang katanya benar-benar baru, sayangnya fitur-fitur ini belum bisa diperkenalkan, karena masih dalam tahap pengembangan, jadi DailySocial tidak dapat bocoran ataupun screenshot dari fitur yang akan datang dari Goorme ini.

Selain bertanya tentang perkembangan fitur, saya juga mencoba untuk menanyakan tentang tanggapan serta pertumbuhan pengguna Goorme, Ivan menjelaskan lewat email, bahwa sejak diperkenalkan ke publik April yang lalu, Goorme sudah banyak menerima tanggapan positif, meski tidak terlepas dari beberapa halangan atau tantangan.

Pertumbuhan yang didapatkan Goorme, dikatakan Ivan  juga lumayan, meski bagi saya lumayan itu sangat relatif, Ivan mengatakan pertumbuhan masih terhitung 'organik', bukan suatu lompatan. Tetapi, perkembangan yang terjadi masih sesuai dengan harapan Goorme, karena mereka belum mengeluarkan biaya untuk iklan atau kampanye berbayar.

Mengingat saat ini banyak layanan yang berbau kupon dan promo, yang didalamnya tidak sedikit jumlah kupon atau promo yang berhubungan dengan tempat makan, saya bertanya apakah Goorme berencana untuk bekerja sama dengan penyedia jasa kupon atau yang sejenisnya, Ivan menjawab bahwa untuk sementara kerjasama seperti itu belum terpikir untuk dilakukan Goorme.

Lalu bagaimana dengan hal monetisasi, seperti yang pernah dituliskan Rama di artikel tentang Goorme, sedari awal Goorme memang sudah diarahkan untuk mendapatkan pemasukan dari layanan yang mereka berikan, selain iklan dan juga mungkin area Promotions, Goorme akan memulai program marketing/sales mereka setelah Lebaran nanti.

Well, sepertinya akan menarik melihat perkembangan yang akan dilakukan Goorme kedepannya, karena selama ini Ivan ikut turun tangan dalam masalah desain, bisa kita lihat dari hasil tampilan Goorme yang cukup apik, namun kedepannya Ivan akan berkonsentrasi pada masalah yang berkaitan dengan hal bisnis, operasional, pemasukan dan pertumbuhan, jadi bisa dipastikan akan banyak kejutan dari Goorme.

Anda sudah mencoba fasilitas peta dari Goorme, bagaimana pendapat Anda? Fitur apa lagi kira-kira yang sebaiknya mereka kembangkan atau tambahkan dilayanan mereka?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter