Categories

Mobile

Fitur Scan QR Code Akhirnya Tersedia di WhatsApp

Plus fitur animated sticker, Dark Mode untuk versi web, dan penyempurnaan fitur group video call

Glenn Kaonang - 2 July 2020

WhatsApp sudah digunakan oleh lebih dari 2 miliar pengguna, tapi jujur saya masih selalu kesal setiap kali berjumpa dengan kenalan baru dan hendak menambahkannya ke kontak WhatsApp. Saya benci harus secara manual mencantumkan nomor ponsel satu demi satu selagi teman saya itu mendiktekannya.

Sebagai aplikasi chatting terlaris sejagat, WhatsApp semestinya bisa memikirkan cara lain yang lebih mudah untuk menambah kontak baru. Scan kode QR misalnya, yang sebenarnya sudah sejak lama tersedia pada aplikasi pesaing, dan yang sudah pengguna WhatsApp sendiri gunakan selama ini untuk mengaktifkan WhatsApp di browser komputer.

Kabar baiknya, fitur kode QR akhirnya sudah tersedia di versi terbaru WhatsApp, sehingga sekarang kita dapat memindai kode QR milik pengguna lain untuk menambahkannya ke kontak secara otomatis. Setelah sekian lama, akhirnya menambahkan kontak WhatsApp bisa semudah membayar menggunakan uang elektronik.

Di samping kode QR, WhatsApp tidak lupa menyertakan sejumlah pembaruan lain, seperti misalnya animated sticker dan fitur Dark Mode untuk WhatsApp versi web dan desktop. Animated sticker selama ini juga merupakan satu area di mana WhatsApp tergolong agak tertinggal, padahal hampir semua pengguna menyematkan stiker pada percakapannya setiap hari (bahkan yang termasuk awam seperti orang tua saya pun juga demikian).

Terkait fitur group video call (yang sekarang bisa menampung sampai 8 orang), kita sekarang bisa memfokuskan tampilan layar pada satu pembicara saja dengan mengklik dan menahan tampilan orangnya. Untuk grup yang isi anggotanya tidak lebih dari 8 orang, sekarang ada ikon baru untuk mengaktifkan group video call secara langsung (satu klik saja).

Terakhir, WhatsApp turut menyediakan fitur Status atau Story pada aplikasi versi KaiOS-nya. Semua fitur ini sudah tersedia pada versi terbaru aplikasinya, namun kalau misalnya Anda belum kebagian, harap bersabar sebab WhatsApp bilang peluncurannya bakal berlangsung sampai beberapa minggu ke depan. Di iPhone 6S saya, fitur kode QR sampai artikel ini terbit juga belum ada walaupun sudah tidak ada lagi update yang lebih baru untuk aplikasinya.

Sumber: WhatsApp.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter