25 October 2017

by Bambang Winarso

Fitur Siaran Live Bareng Teman di Instagram Digulirkan Secara Global

Fitur ini dihadirkan untuk kedua platform, baik Android maupun iOS

Instagram baru saja menghadirkan lagi satu cara menyenangkan untuk menggunakan fitur Live yang dinamai Go Live with Friend. Fitur baru ini memungkinkan pengguna mengundang satu orang teman untuk bergabung dan menyiarkan videonya bersama-sama dalam satu layar.

Aplikasi kepunyaan Facebook ini sudah memulai uji coba fitur tersebut sejak bulan Agustus lalu. Dan sekarang, setelah dirasa bekerja lebih baik, merekapun menggulirkannya ke seluruh pengguna Instagram yang sudah mengunduh versi 20. Dijelaskan oleh Instagram dalam halaman resminya, fitur memberikan cara baru untuk pengguna Instagram Live, di mana mereka kini bisa mengundang satu orang teman yang sedang menonton siaran untuk bergabung.

Jika ajakan tersebut diterima, maka penonton yang masih menonton akan mendapati dua potong layar yang masing-masing menayangkan video dari kedua pengguna.

Untuk menggunakan fitur ini, saat sedang siaran pengguna cukup menyentuh ikon baru di sudut kanan bawah (lingkaran) kemudian menandai teman yang diundang dan tap Add. Hanya pengguna yang sedang menonton yang bisa ditambahkan. Setelah tergabung, layar akan dipisah menjadi dua, masing-masing menayangkan video pengguna dan teman.

Sebagai orang yang mengundang, mereka punya hak dan akses penuh menghapus teman yang siarang bareng dan menggantikannya dengan teman lainnya. Instagram telah menambahkan ikon X di sudut kanan atas untuk keperluan itu. Selanjutnya mereka tinggal mengundang teman baru seperti di langkah sebelumnya.

Digulirkannya fitur ini tentu dirancang untuk satu tujuan, yaitu mendorong tingkat penggunaan fitur Live lebih dari sebelumnya. Secara moral, beberapa orang lebih percaya diri saat tampil bersama teman. Dan secara bersamaan diharapkan mampu mendorong tingkat interaksi karena dalam satu video terdapat dua orang pengguna yang masing-masing terhubung ke pengguna yang lebih luas. Secara tak langsung, kombinasi ini menghadirkan efek berantai yang menguntungkan bagi pertumbuhan Instagram.

Pembaruan ini sudah digulirkan dan tersedia untuk kedua platform, Android dan iOS. Bagi yang belum dapat, sepertinya harus menunggu sampai proses distribusi tuntas dilakukan.

Sumber berita Instagram.