16 March 2016

by Glenn Kaonang

Fitur Smart Reply Kini Telah Tersedia di Inbox by Gmail Versi Web

Bantu pengguna membalas dengan cepat dengan menawarkan template balasan sesuai konteks

Kabar gembira bagi pengguna Inbox by Gmail. Fitur Smart Reply yang sudah hadir lebih dulu di aplikasi mobile Inbox kini telah tersedia pada versi web-nya.

Sekedar mengingatkan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberi balasan email secara cepat dengan memilih satu dari tiga pilihan balasan yang ditawarkan. Pilihan balasan tersebut akan disesuaikan dengan konteks yang ada oleh teknologi machine learning besutan Google.

Smart Reply sangat efektif ketika Anda hendak merespon email berbahasa Inggris dengan cepat. Usai memilih opsi balasan yang hendak dikirim, pengguna bebas mengedit atau menambahkannya kalau dirasa perlu. Kalau tidak, langsung saja tekan tombol Send dan kembali ke aktivitas lainnya.

Menurut data yang dikumpulkan Google, sebanyak 10 persen dari total balasan yang dikirim menggunakan aplikasi mobile Inbox by Gmail berasal dari fitur Smart Reply. Data ini sekaligus menjadi bukti bahwa tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan fitur Smart Reply secara reguler.

Bagi yang sering mengecek email menggunakan smartphone atau laptop saat berada di ruang tunggu bandara, fitur Smart Reply siap membantu menghemat waktu Anda – dengan catatan Anda banyak menerima email berbahasa Inggris, sebab sejauh ini baru itu saja bahasa yang didukung fitur ini.

Sumber: TechCrunch dan Gmail Blog.