2 July 2014

by Bambang Winarso

Fitur 'SMS for Hangouts' Pensiun Dini

Google baru-baru ini membuat pengumuman yang cukup mengejutkan, di mana mereka memutuskan untuk menghentikan salah satu fitur Hangouts yang tergolong berusia muda, SMS for Hangouts.

Kabar ini lumayan mengejutkan mengingat SMS for Hangouts baru menginjak tahun pertama sejak dirilis pada Mei 2013 lalu. Fitur ini ditawarkan kepada pengguna dalam bentuk halaman pengaturan khusus di mana pengguna dapat menambahkan nomor ponsel.

SMS for Hangouts otomatis mengirimkan pesan singkat ke nomor ponsel pengguna apabila pengguna sedang tidak aktif atau iddle. Pengguna kemudian dapat membalas pesan Hangouts dengan membalas SMS yang diterima. Saat diluncurkan, fitur ini hanya dapat digunakan di negara-negara tertentu seperti India, Pakistan, Israel, Turki, Ukraina, Kongo dan sejumlah besar negara-negara Asia dan Afrika. Negara-negara dengan tingkat pengguna feature phone yang masih cukup tinggi.

 

Info Menarik: Setelah Dirilis 7 Tahun Lalu di Nintendo DS, The World Ends with You Kini Hadir di Android

 

Dalam blog resminya, Google memastikan fitur ini akan mulai dihentikan per 2 Juli 2014. Pengguna masih dapat menggunakan fitur SMS for Hangouts hingga tanggal yang ditentukan tersebut.

Berakhirnya masa tugas SMS for Hangouts ternyata bukan satu-satunya kabar buruk yang diumumkan oleh Google. April lalu mereka juga memutuskan untuk menghapus fitur serupa namun untuk layanan Gmail Chat.

Namun jangan berkecil hati karena Google masih mempertahankan integrasi SMS ke Hangouts yang diluncurkan November tahun lalu. Dengan fitur ini pengguna tetap dapat menerima pesan singkat dan multimedia melalui aplikasi Hangouts seperti biasa.

Sumber berita TheNextWeb dan Googlesystem.