Google baru saja meluncurkan sebuah fitur baru bernama “SOS Alerts” yang akan membantu pengguna memperoleh informasi mengenai bencana alam maupun bencana lain yang terjadi di wilayah tertentu. Fitur ini secara bersamaan digulirkan untuk  aplikasi Maps dan Search hampir di seluruh platform terdukung.

Untuk memberi informasi yang terpercaya, terbaru dan akurat, Google pun menggandeng beberapa pihak, seperti Red Cross, the Federal Emergency Management Agency, the Philippine Atmospheric, serta Geophysical and Astronomical Services Administration.

Fitur ini dapat dijumpai di bagian teratas situs pencarian Google di perangkat komputer, situs versi mobile, aplikasi Android maupun iOS, dan aplikasi Google Maps pada ponsel anda. Ketika Google Search maupun Google Maps dibuka, Google akan memberikan informasi umum mengenai bencana yang terjadi. Selain itu, jika memang tersedia, Google juga akan memberi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bencana tersebut.

Bahkan apabila lokasi Anda cukup dekat dengan lokasi kejadian, Google juga akan langsung memberi notifikasi terkait bencana itu. Sementara pada Google Maps, Google akan menambahkan informasi secara real-time jika ada penutupan maupun pengalihan jalur. Dengan demikian anda dapat mengambil rute alternatif dengan lebih cepat.

SOS Alerts bukan fitur pertama Google yang berkaitan dengan penanganan bencana. Sebelumnya, Google juga telah merilis  Google Person Finder, Google Crisis Map dan Google Public Alerts.

Sumber berita Techcrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.