WhatsApp belum lama ini melakukan rombakan besar-besar dengan memperkenalkan fitur Status yang menyerupai fitur andalan Snapchat. Meski lebih modern dan dinamis, ternyata tak semua orang benar-benar menerimanya dengan tangan terbuka dan justru lebih menyukai status lawas yang jauh lebih sederhana. Menanggapi respon tersebut, WhatsApp dikabarkan menarik kembali fitur status lawas berbasis teks ke dalam fase beta versi 2.17.95 untuk dijajaki lebih lanjut.

Label beta menandakan bahwa WhatsApp sedang melakukan pengujian untuk skenario yang berbeda. Pun demikian masih belum jelas apakah WhatsApp benar-benar akan menggulirkan kembali status lawas ke versi publik atau tidak. Anda yang kembali ingin menggunakan Status berbasis teks tersebut, dapat mengikuti program beta yang tersedia di Play Store.

whatsapp_text_status_profile_1_gadgets360_1489145749600

Bagi mereka yang menggunakan versi beta akan menjumpai fitus status lawas dengan menekan ikon tiga titik di bagian sudut kanan. Selanjutnya ke menu Settings – About dan nomor ponsel, Anda akan menjumpai kembali opsi status lawas. Seperti sebelumnya, di sana akan ada beberapa opsi default seperti Available, Busy, At the Movies, At School dan lain-lain. Tapi yang terpenting, status ini tetap akan di sana meski 24 jam sudah berlalu.

Satu lagi yang perlu dicatat,bahwa panel About dan nomor ponsel belum tersedia untuk semua pengguna beta. Menurut sumber, hanya beberapa pengguna yang sudah mendapati fitur tersebut.

Kembalinya status lawas ke fase beta menimbulkan tanda tanya apakah pengembang WhatsApp berencana menghapus fitur Status yang baru. Seandainya status lawas dikembalikan, fitur status baru diyakini masih akan ada di tempatnya sebagai opsi kedua bagi pengguna yang ingin membuat status dalam format yang berbeda.

Sumber berita SmartPrice dan gambar header Pixabay.