Categories

Berita

Fitur Transit di Google Maps Hadirkan Informasi Real-Time Armada TransJakarta

Informasi real-time yang diberikan mudahkan perencanaan perjalanan dengan TransJakarta

Randi Eka - 22 July 2016

Google baru saja memperkenalkan layanan barunya yang menjadi bagian dari Google Maps yakni Transit. Transit akan memberikan informasi kepada pengguna terkait dengan informasi rute, jadwal dan waktu tiba bus TransJakarta. Fitur ini tentu akan lebih memudahkan masyarakat untuk bisa melakukan perencanaan perjalanan yang hendak dilakukan menggunakan armada TransJakarta.

Fitur Transit sendiri saat ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi Google Maps di ponsel Android, iOS dan juga pengguna website. Ini bukan pertama kalinya layanan serupa diluncurkan, karena fitur Transit sendiri juga sudah tersedia di berbagai kota di dunia. Namun di Asia Tenggara, kerja sama dengan TransJakarta ini adalah yang pertama kali.

Untuk memanfaatkan fitur Transit, pengguna hanya perlu memasukkan lokasi perjalanan, dari mana dan mau ke mana. Selanjutnya Google Maps akan mengidentifikasi jalur terbaik, dan memberikan informasi seputar koridor yang harus dilalui dan estimasi kedatangan bus TransJakarta pada halte tersebut. Menariknya jika terjadi delay, semisal ada kemacetan lalu lintas atau hal lainnya, aplikasi juga akan memberikan pembaruan informasi secara real-time.

Layanan yang sepintas mirip dengan Go-Busway besutan startup lokal Go-Jek ini diluncurkan atas kerja sama Google bersama PT Transportasi Jakarta. Disampaikan oleh Dirut PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono bahwa inisiasi layanan Transit ini akan banyak memudahkan masyarakat pengguna transportasi umum, khususnya TransJakarta. Kemudahan tersebut tentu dapat berimbas pada naiknya potensi penggunaan angkutan umum oleh masyarakat Jakarta.

Fitur Transit di Google Maps saat ini sudah tersinkronisasi dengan 12 koridor halte TransJakarta yang melayani 68 rute. Tiap harinya sekitar 800 bus TransJakarta dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi sekitar 340.000 warga ibukota.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter