1. Lifestyle

Fitur TruePlay di Windows 10 Fall Creators Update Ialah Cara Microsoft Memerangi Cheater

Sistem juga memastikan agar privasi Anda tetap terjaga.

Fall Creators Update adalah pembaruan besar keempat untuk Windows 10. Versi finalnya tersedia buat Windows Insider pada tanggal 26 September, dan dirilis ke publik hari Selasa kemarin. Fall Creators Update difokuskan pada banyak aspek di sistem operasi, dari mulai Windows Mixed Reality, upgrade pada app Photos, Edge, Store, keamanan, hingga gaming.

Namun satu hal krusial buat gamer malah belum sempat Microsoft bahas di blog Windows. Kehadiran fitur tersebut diyakini bisa meminimalkan peluang terjadinya kecurangan dalam permainan, terutama di pertandingan-pertandingan kompetitif. Dan akhirnya melalui page terpisah, Microsoft mengungkap dan menjelaskan fungsi dari fitur anti-cheat baru bernama TruePlay.

TruePlay adalah adalah satu set perkakas untuk membantu para developer game memerangi para cheater. Microsoft menjelaskan bahwa permainan-permainan yang memanfaatkannya akan selalu terproteksi, mengurangi peluang adanya eksploitasi. Sebagai tambahan, sebuah sistem di Windows 10 akan mengawasi sesi-sesi gaming tersebut, mencari perilaku tak wajar dan upaya manipulasi - yang umum terjadi di skenario-skenario cheating.

Data-data yang diperoleh sistem akan dikumpulkan. Dan selanjutnya, sistem secara sigap akan mengeluarkan peringatan jika perilaku ini dilakukan berulang kali. Dan demi memastikan privasi gamer tetap terjaga sembari mencegah terjadinya 'falsealarm', data-data tersebut hanya diberikan ke developer setelah sistem TruePlay yakin sudah mendeteksi adanya tindak kecurangan.

Buat memudahkan developer, Microsoft menyediakan fitur otomatis agar tidak memerlukan pengawasan secara aktif. TruePlay juga bukanlah sistem 'block on launch', sehingga gamer yang tidak memilih buat mengaktifkannya tetap bisa menikmati permainan tersebut. Developer dipersilakan menentukan sendiri fitur dan konten apa yang bisa diakses oleh pemain jika TruePlay tak menyala.

TruePlay memiliki beberapa fungsi dasar: memonitor apakah game sedang berjalan di mode yang tidak diperkenankan memakai cheat, mengetahui status diperbolehkan atau tidaknya proses pemantauan pada permainan berdasarkan izin dari user, serta mengecek secara konstan kondisi dari sistem anti-cheat.

Melihat dari fungsinya secara keseluruhan, cara kerja TruePlay hampir serupa Valve Anti-Cheat, tapi ia hanya bisa dimanfaatkan oleh game-game berbasis Universal Windows Platform. Langkah ini merupakan satu dari banyak cara yang Microsoft lakukan supaya mereka lebih dominan lagi di ranah PC gaming.

Permainan-permainan yang dikembangkan berbasis UWP sendiri sempat mendapat kritik dari sejumlah  media terkait beragam restriksi teknis, misalnya belum ada dukungan terhadap setup multi-GPU serta software overlay semisal Fraps, hingga sulitnya melakukan modding.

Via PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again