30 May 2013

by wiku

Facebook Rilis Fasilitas Verified Pages dan Profiles

Facebook baru saja merilis fasilitas yang memungkinkan akun yang ada di layanan jejaring sosial ini untuk diverifikasi.

Tanda verifikasi ini akan berupa logo centang yang ada dalam lingkaran biru. Akan ditempatkan di sebelah nama Pages atau profil yang terverifikasi.

Verifikasi akun akan diberikan pada selebriti atau akun populer serta bisnis yang memiliki akun di Facebook. Tanda verifikasi, selain akan muncul di sebelah nama pada timeline, akan pula muncul pada hasil pencarian serta dimanapun di Facebook.

Facebook akan memberikan tanda verifikasi pada sebagian kecil pengguna (figur publik) seperti selebriti, jurnalis, akun pemerintah, brand populer dan akun bisnis yang memiliki audiens yang luas. Untuk Pages bisa jadi yang memiliki β€˜Likes’ dalam jumlah besar.

Tanda verifikasi akan disematkan tidak hanya pada Pages tetapi juga Profile. Facebook juga disebutkan akan secara aktif memberikan verifikasi pada Pages dan akun yang ada di layanan mereka.

Anda juga bisa melaporkan akun palsu, atau mengirimkan permintaaan jika Anda merasa akun atau halaman Facebook Anda layak untuk mendapatkan verifikasi.

Tentunya ini bukan kali pertama layanan jejaring sosial merilis fitur verifikasi untuk akun tertentu. Twitter dan Pinterest telah menyediakan fitur ini. Facebook, yang memiliki jumlah pengguna sangat besar tentunya telah perlu untuk menerapkan fitur verifikasi ini, apalagi ketika informasi di jejaring sosial semakin diperhatikan dan dipercayai sebagai sumber informasi utama. Verifikasi ini akan memberikan penjelasan atas mana akun resmi dan mana yang bukan.

Penjelasan atas fitur verifikasi Facebook ini bisa dilihat di tautan ini.

Via: TheNextWeb.