Categories

Internet

Flickr Perbarui Ketentuan Terkait Layanan Premium dan Gratisannya

Flickr Pro di-upgrade, Flickr Free di-downgrade

Glenn Kaonang - 5 November 2018

Yang ditunggu-tunggu oleh pengguna loyal Flickr akhirnya datang juga. Flickr belum lama ini mengumumkan perubahan kebijakan terkait layanan premiumnya, Flickr Pro, tujuh bulan setelah diakuisisi oleh SmugMug.

Flickr Pro bukan sebatas menawarkan akses bebas iklan maupun kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas saja. Versi barunya juga mencakup resolusi yang lebih besar untuk foto yang ditampilkan; hingga 5K, baik di komputer maupun di smartphone.

Statistik terkait foto-foto yang sedang ngetren turut disajikan, demikian pula koleksi foto pengguna yang paling populer selama ini. Untuk video, batas durasi maksimumnya ditambah dari 3 menit menjadi 10 menit.

Terakhir, dengan berlangganan Flickr Pro seharga $50 per tahun, konsumen juga bisa mendapatkan penawaran menarik dari sejumlah mitra SmugMug. Utamanya diskon tarif berlangganan Adobe Creative Cloud, diskon perlengkapan dan aksesori buatan Peak Design, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, upgrade terhadap Flickr Pro ini juga berarti downgrade untuk layanan gratisan Flickr. Kalau sebelumnya pengguna diberi fasilitas penyimpanan sebesar 1 TB, batasannya sekarang menjadi 1.000 foto atau video, tidak peduli berapa size masing-masing.

Bagi pengguna yang sudah terlanjur memiliki lebih dari 1.000 foto dan tidak tertarik upgrade ke Flickr Pro, mereka diberi waktu sampai 8 Januari 2019 untuk mengunggah foto-foto kelebihannya. Pasca tenggat waktu tersebut, pengguna Flickr gratisan tak bisa lagi mengunggah foto melebihi batas.

Perubahan ini pada dasarnya membuktikan komitmen SmugMug untuk melayani pelanggan berbayar secara lebih baik ketimbang ketika Flickr masih beroperasi di bawah Yahoo. Bicara soal Yahoo, mulai Januari tahun depan, semua pengguna tak lagi membutuhkan akun Yahoo untuk login ke Flickr.

Sumber: Business Wire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter