14 September 2015

by Bambang Winarso

Tahun Depan Flickr Hadirkan Cara Baru Melihat Foto via Headset VR?

Teknologi headsetvirtual reality telah memasuki babak baru dimana pengembang telah memungkinkan pemanfaatan perangkat lewat media dan peruntukan yang berbeda. Bahkan Anda dapat mencicipi headset VR menggunakan smartphone atau membuat sendiri dari kardus yang ada di gudang.

Namun sesaat lagi tampaknya kita pun akan disuguhi cara baru dalam melihat album kenangan di Flickr melalui visual jendela headset VR. Baru-baru ini dalam festival XOXO yang digelar di Portland, Oregon Flickr memamerkan headsetvirtual reality yang diintegrasikan ke layanan mereka.

Dalam sesi preview tersebut Flickr menggunakan Oculus DK 2 yang terhubung ke PC. Melalui headset tersebut pengguna dapat merasakan sensasi melihat fota dengan sudut 360 derajat. Headset juga menyediakan tombol khusus agar pengguna dapat berganti dari satu foto ke foto lainnya.

Info Menarik:Inilah Daftar Hardware Yang Dibutuhkan Buat Menjalankan Oculus Rift

Bertrand Fan, salah satu arsitek Flickr mengatakan kepada Engadget bahwa proyek ini dikerjakan sejak beberapa minggu yang lalu. Sehingga masih terlalu dini untuk mengatakan ke mana arah tujuannya. Rencana terdekatnya saat ini adalah menambahkan tautan atau tombol headset VR ke setiap halaman dengan foto panorama 360 derajat. Dan juga rencananya integrasi ini dapat dilakukan ke headset lainnya, seperti Gear VR, HTC Vive dan lain-lain.

Dan mengingat kini makin banyak cara untuk memperoleh foto 360 derajat, maka sangat mungkin Flickr pun akan mempersiapkan Explore Section yang khusus menampilkan foto-foto panorama tersebut. Lebih jauh Fan berharap dapat menghadirkan cara baru dalam menjelajah slide foto, dimana pengguna cukup melambaikan tangan untuk beralih dari satu foto ke foto lainnya. Jika semua berjalan lancar, Flickr VR bisa jadi akan menampakkan diri tahun depan. Kita tunggu saja!

Sumber berita Engadget dan gambar header ilustrasi Oculus.