Platform Windows Phone kembali kehilangan salah satu aplikasi populernya. Flipboard baru saja merilis pengumuman yang berisikan informasi bahwa pihaknya telah menghentikan dukungan untuk aplikasi berbasis Windows Phone. Keputusan ini diambil hanya beberapa hari setelah Wells Fargo melakukan langkah serupa. Rendahnya angka unduhan tampaknya menjadi faktor di balik keputusan keduanya.

Dengan manuver ini, pengguna baru dipastikan tidak akan bisa lagi mengunduh aplikasi Flipboard dari toko aplikasi. Dukungan yang tersisa saat ini ada di platform Windows 10, tetapi hanya tersedia untuk perangkat desktop dan tablet. Sayangnya, pihak Flipboard sudah mengonfirmasi tidak punya rencana untuk memberikan dukungan untuk Windows 10 Mobile di masa mendatang.

Kabar ini tak sepenuhnya buruk, karena pengguna masih bisa mengakses layanan Flipboard dari browser desktop ataupun perangkat lain yang lebih populer, misalnya Android dan iOS.

Melihat upaya Microsoft di platform mobile yang makin loyo, bukan hal yang mengejutkan jika kita akan melihat lebih banyak pemain besar yang meninggalkan platform mereka. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, jika dibandingkan, Microsoft justru menunjukkan tanda-tanda ketertarikan yang lebih besar mengembangkan aplikasi untuk Android dan iOS ketimbang platform mobile mereka sendiri.

Bagi Flipboard, langkah ini mengakhiri 4 tahun perjalanan di ekosistem Windows Phone. Flipboard harid pertama kali sebagai aplikasi pre-installed di Nokia Lumia 2010, kemudian disusul beberapa perangkat Windows Phone sebelum akhirnya dihadirkan di toko aplikasinya. Kini, Flipboard fokus mengembangkan aplikasinya untuk Android dan iOS. Jadi, pengguna yang ingin terus menikmati layanan Flipboard dari mobile, beralih ke salah satu platform tersebut adalah solusi paling mudah.

Sumber berita Softpedia dan gambar header Flipboard.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.