Categories

Gadget

Flir Luncurkan Generasi Ketiga Kamera Thermal Flir One dan Flir One Pro

Untuk Android, konektornya kini mengandalkan USB-C sehingga kamera bisa dihadapkan ke depan atau belakang

Glenn Kaonang - 12 June 2017

Salah satu produsen kamera infrared dan thermography terbesar di dunia, Flir Systems, kembali meluncurkan generasi ketiga dari Flir One. Buat yang asing dengan Flir One, perangkat ini merupakan modul kamera kecil yang bisa dipasangkan ke smartphone, dan seketika itu juga memberikan ‘superpower’ untuk melihat suhu dari segala objek.

Flir One Gen 3 ini mengusung desain baru yang lebih manis ketimbang pendahulunya. Konektornya pun kini mengandalkan USB-C untuk versi Android, yang berarti ia bisa dipasang menghadap ke depan maupun menghadap ke sang pemilik ponsel – berpotensi memunculkan tren baru selfie thermography.

Versi Android-nya kini mengemas konektor USB-C sehingga bisa dihadapkan ke depan atau belakang / Flir Systems

Lebih lanjut, baik versi iPhone maupun Android-nya dilengkapi konektor yang adjustable – bisa ditarik jadi lebih panjang sampai empat milimeter – sehingga Flir One tetap dapat dipasang pada ponsel yang dibalut casing. Fitur ini jelas semakin menambah kepraktisan Flir One, mengingat kebanyakan pengguna memakainya di lapangan, yang berarti casing sudah menjadi suatu keharusan.

Flir tidak lupa menyempurnakan aplikasi pendampingnya, yang kini juga kompatibel dengan Apple Watch maupun beberapa smartwatch Android Wear, sehingga pengguna bisa melihat live stream maupun mengambil foto atau video thermal langsung dari pergelangan tangannya.

Tak hanya lebih tahan banting, Flir One Pro juga memiliki resolusi empat kali lebih tinggi / Flir Systems

Bersamaan dengan Flir One, hadir pula Flir One Pro yang punya bodi lebih tangguh, diklaim tahan banting dari ketinggian 1,8 meter. Tidak hanya itu, resolusinya juga empat kali lebih tinggi dari Flir One standar – 160 x 120 dibandingkan 80 x 60.

Selain bisa menangkap gambar thermal secara lebih mendetail, Flir One Pro rupanya juga mampu mendeteksi panas yang lebih tinggi – sampai 400º Celsius, dibandingkan Flir One standar yang cuma 120º C. Baik Flir One Pro maupun Flir One standar dibekali unit baterainya sendiri yang dapat bertahan selama satu jam tanpa menyedot energi ekstra dari ponsel.

Baik Flir One dan Flir One Pro kini juga kompatibel dengan smartwatch / Flir Systems

Pre-order Flir One dan Flir One Pro saat ini sudah dibuka, masing-masing dengan harga $200 dan $400. Pemasarannya bakal berlangsung mulai musim panas ini, waktu yang tepat untuk sebuah kamera thermography.

Sumber: Marketwired dan Android Authority.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter