Categories

Gadget

Focal Luncurkan Tiga Headphone Premium: Utopia, Elear dan Listen

Andalkan kualitas suara yang menawan dan material mewah sekaligus nyaman

Glenn Kaonang - 15 June 2016

Pabrikan audio asal Perancis, Focal, sudah sangat berpengalaman di bidang speaker. Namun dalam beberapa tahun terakhir, mereka rupanya juga tertarik mencoba peruntungan di ranah headphone. Debutnya di ranah baru ini cukup sukses, hingga akhirnya Focal dengan berani merilis tiga headphoneover-ear baru sekaligus di tahun 2016 ini.

Ketiga headphone tersebut adalah Listen, Elear dan Utopia. Masing-masing ditujukan untuk target pasar yang berbeda: Listen untuk konsumen secara luas, Elear untuk para audiophile, dan Utopia untuk mereka yang mencari headphone terbaik buatan Focal tanpa kompromi sedikit pun.

Focal Utopia

Focal Utopia / Focal

Focal Utopia ini sangatlah istimewa. Merupakan headphone berjenis open-backed, Utopia tersusun dari material yang mewah sekaligus berkualitas. Rangkanya terbuat dari serat karbon, sedangkan bantalan headband dan earpad-nya terbungkus oleh kulit mewah Pittards, membuatnya terkesan elegan sekaligus terasa begitu nyaman.

Beralih ke dalam, bernaung sepasang driver 40 mm yang terbuat dari bahan Beryllium murni. Focal menjanjikan kualitas suara yang nyata, netral, jernih namun masih terasa dinamis dengan Utopia. Saat disandingkan dengan amplifier dan DAC kelas atas, respon frekuensinya bisa mencapai angka 5 - 50.000 Hz.

Focal memastikan bahwa Utopia dirancang dan diproduksi langsung di markasnya di Perancis. Kalau Anda masih tidak percaya seistimewa apa headphone ini, coba lirik harganya: $3.999.

Focal Elear

Focal Elear / Focal

Sama-sama bertipe open-backed seperti Utopia, Elear menjanjikan kualitas suara yang bisa memenuhi standar seorang audiophile. Kalau Anda punya amplifier dan DAC yang bermutu, respon frekuensi Elear bisa mencapai 5 - 23.000 Hz. Sederhananya, Focal ingin memberikan pengalaman memanjakan telinga seperti yang didapat dengan speaker lewat Utopia dan Elear.

Rangka Elear terbuat dari aluminium utuh, sedangkan bantalan earpad-nya dilapisi bahan microfibre demi meningkatkan kenyamanan sekaligus memangkas bobot headphone secara keseluruhan. Sama seperti Utopia, Elear juga didesain dan diproduksi di Perancis. Harganya sedikit lebih bersahabat, yakni $999.

Focal Listen

Focal Listen / Focal

Kalau kedua headphone di atas terlalu mahal buat Anda, Focal masih punya penawaran lain yang jauh lebih terjangkau. Listen adalah headphone berjenis closed-back, dengan driver 40 mm yang terbuat dari bahan Mylar atau titanium, memastikan kualitas akustik yang seimbang, plus dentuman bass yang mantap.

Focal merancang Listen agar tetap nyaman dipakai mendengarkan musik dalam durasi cukup lama. Saat sedang tidak dipakai, salah satu earcup-nya bisa dilipat ke dalam supaya tidak memakan terlalu banyak tempat di dalam tas. Soal harga, Listen bisa didapat seharga $249.

Sumber: The Verge dan Focal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter