15 April 2016

by Glenn Kaonang

Fokus ke Android, BlackBerry Tak Akan Produksi Perangkat dengan OS BB10 Lagi

Perangkat Android BlackBerry ke depannya akan ditujukan ke kalangan bisnis di sektor menengah

Mungkin beberapa pembaca sudah memprediksinya, tapi akhirnya hal ini terjadi juga: BlackBerry menyerah, pabrikan asal Kanada tersebut tak akan lagi memproduksi perangkat dengan sistem operasi BB10 besutannya sendiri.

Pergeseran ini sebenarnya sudah mulai kelihatan sejak BlackBerry merilis Priv, smartphone pertamanya yang ditenagai oleh OS Android. Namun saat itu BlackBerry sepertinya masih bimbang antara terus menggunakan Android atau kembali mengembangkan sistem operasinya sendiri.

Berbicara kepada The National, CEO BlackBerry John Chen menyebutkan bahwa pengguna perangkat BB10 masih akan mendapat dukungan minimal sampai dua tahun ke depan. Akan tetapi beliau juga memastikan bahwa ke depannya tidak akan ada lagi perangkat baru yang mengusung OS BB10.

Sebagai gantinya, BlackBerry akan fokus mengembangkan perangkat Android, khususnya pada sektor menengah. Mengapa menengah? Karena mereka telah terbukti kalah saing di sektor flagship. Sebagian besar konsumen enggan melirik Priv yang dibanderol $700.

Kemungkinan besar handset Android selanjutnya dari BlackBerry akan dilepas di kisaran harga $400, kalau memang yang ditarget adalah kelas menengah. Namun rencana spesifik BlackBerry rupanya belum berhenti sampai di sini saja.

Smartphone Android BlackBerry ke depannya akan lebih ditujukan pada kalangan bisnis atau enterprise ketimbang konsumen secara luas. Hal ini didasari oleh pengalaman panjang BlackBerry di bidang keamanan digital, dan mereka bertekad untuk terus menerapkannya meski telah berpindah ke Android.

Sumber: The National dan Pocket-lint.