Categories

Berita

Fokus Menjangkau Kalangan Millennial Melalui “BTN Mortgtech”

BTN Mortgtech bakal digelar 24-25 Maret mendatang

Yenny Yusra - 1 March 2018

Acara Meet-Up Jakarta yang mengusung tema “BTN Mortgtech”, Selasa (27/2), menghadirkan sejumlah panelis terkait untuk mendukung event hackathon BTN yang bakal diadakan akhir Maret mendatang. Termasuk di jajaran pembicara adalah Kepala Divisi Digital Banking Bank BTN Dopo Lastyomo, IT Strategic & Planning Division Head Bank BTN Purwa Riadi, Sony Sudaryana (Direktorat e-Business Kominfo), Adi Purwanto Sujarwadi (Product Management Lead GO-LIFE), dan Ari Lumbantobing (Chief Business Officer Amartha).

Memanfaatkan teknologi baru melalui kegiatan Hackthon Mortgtech

Dalam sesi diskusi yang dihadiri para pengembang lokal tersebut terungkap beberapa kendala yang selama ini masih terjadi di sektor kredit perumahan (mortgage) di Indonesia. Mulai dari masih banyaknya proses pembelian rumah secara manual hingga rencana BTN untuk menjangkau generasi millennial sebagai konsumen baru.

“Saat ini generasi millennial secara perlahan sudah mulai mendominasi pasar terutama untuk semua layanan dan produk berbasis teknologi. Kami dari BTN pun ingin menjangkau lebih banyak generasi millennial sebagai nasabah,” kata Dopo.

Acara hackathon yang baru pertama kalinya digelar BTN ini diharapkan bisa menghadirkan teknologi baru yang mempermudah sekaligus mempercepat proses yang ada di BTN saat ini.

“Kami akan menyediakan 14 API dari function yang ada di BTN, termasuk payment, product, dan data consumer untuk kemudian dimanfaatkan oleh pengembang saat acara hackathon nanti,” kata Purwa.

Meskipun saat ini BTN cukup mampu menciptakan teknologi dari awal, namun untuk mempermudah sekaligus menciptakan inovasi yang relevan dengan memanfaatkan pengembang lokal di Indonesia, kegiatan hackathon ini digelar. Nantinya hadiah tidak hanya dalam bentuk uang, namun juga berupa networking dan kemitraan.

“Bisa jadi nanti produk yang diciptakan jika relevan dengan BTN bisa langsung live di sistem kami, tentunya menyesuaikan kondisi yang ada,” kata Purwa.

Mencermati target pasar dan masalah

Adi Purwanto Sujarwadi dari Go-Life mengajak para pengembang menemukan solusi terbaik untuk meningkatkan animo di sektor kredit perumahan. Jika target utama BTN adalah menjangkau generasi millennial, lakukan cara tepat dengan memanfaatkan riset dan uji coba.

“Saya lihat selama ini millennial enggan untuk direpotkan dengan proses yang panjang dan cara yang konvensional. Jika produk tersebut nantinya bisa memotong kegiatan yang merepotkan seperti harus datang ke bank namun bisa melalui aplikasi, pastinya akan menarik perhatian mereka sekaligus mempercepat proses BTN,” kata Adi.

Hal senada diungkapkan Ari Lumbantobing dari Amartha yang melihat selama ini generasi millennial termasuk digital native dan mengerti benar fungsi serta kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Untuk itu ciptakan produk yang user friendly sekaligus sarat dengan teknologi.

Sementara itu perwakilan Kominfo, Sony Sudaryana, menambahkan, selama ini Kominfo berupaya untuk memberikan dukungan kepada pelaku startup. Untuk itu jangan pernah ragu menciptakan berbagai inovasi yang ada, demi memberikan solusi terbaik untuk masyarakat.

“Manfaatkan dengan baik minat dari perusahaan besar seperti BTN yang ingin mengadopsi teknologi untuk menjangkau lebih banyak calon nasabah. Artinya peranan teknologi saat ini sudah semakin dibutuhkan terutama sektor perbankan,” kata Sony.


Disclosure: DailySocial adalah pendukung event hackathon “BTN Mortgtech”

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter