Categories

Interview

Fokuskan Pengembangan Teknologi, Evoucher Bersiap Hadirkan Inovasi Terbarunya

Mengklaim telah memiliki 8 ribu merchant dan aplikasi mobile yang telah diunduh lebih dari 900 ribu orang

Yenny Yusra - 4 August 2016

Menginjak usianya yang ke-5, Evoucher salah satu pemain flash sale e–commerce dengan konsep daily deals di Indonesia semakin mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan yang establish dengan rencana pengembangan hingga target bisnis yang menjanjikan.

Ditemui oleh DailySocial di kantornya, Founder dan CEO Evoucher Indonesia Danny Baskara mengungkapkan beberapa perkembangan, inovasi teknologi, hingga rencana penggalangan dana di tahun 2016 ini. Tidak terlalu agresif melancarkan kegiatan promosi, Evoucher saat ini tengah mempersiapkan gebrakan terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada bulan September mendatang.

"Evoucher berangkat dari era web-based, namun demikian untuk ke depannya kami akan mengembangkan aplikasi mobile yang saat ini mengalami peningkatan jumlah pengguna terutama platform Android, versi beta (aplikasi Evoucher) yang sudah diunduh oleh 900 ribu orang," kata Danny.

Saat ini Evoucher mengklaim telah mengalami peningkatan pendapatan sebanyak 30% setiap tahunnya. Diperkirakan jumlah ini akan semakin bertambah dalam masa mendatang.

Strategi yang dilancarkan untuk bersaing dengan kompetitor

Menanggapi makin banyaknya e-commerce dan marketplace yang menghadirkan layanan serupa dengan Evoucher, Danny mengungkapkan hal tersebut tidak menjadi kendala yang berarti dilihat dari konsep marketplace dan e-commerce yang merupakan open platform, berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh Evoucher yang menyasar usaha B2B2C (business-to-business-to-consumer).

"Sekilas memang tampak sama apa yang ditawarkan oleh marketplace dan e-commerce saat ini dengan Evoucher, tapi di backend-nya terdapat perbedaan yang cukup besar," kata Danny.

Ditambahkan oleh Danny, kekuatan utama dari Evoucher adalah tim penjualan yang melakukan pendekatan langsung ke local business dengan ragam pilihan layanan yang ada. Hal tersebut yang ternyata menjadi strategi yang kemudian dilancarkan oleh Evoucher, dengan memperkuat tim penjualan dan layanan pelanggan.

"Kami melihat merchant dan konsumen di Indonesia memiliki kebiasaan untuk dilayani, berbeda dengan konsumen dari luar negeri, untuk itu kami sengaja menyiapkan tim layanan pelanggan yang dedicated untuk maintain pelanggan dan after sales pelanggan," kata Danny.

Saat ini Evoucher telah memiliki 8 ribu merchant yang tersebar di seluruh Indonesia, sementara untuk pengguna aktif Evoucher megklaim telah memiliki sekitar 300 ribu pengguna aktif. Kebanyakan dari mereka merupakan pengguna lama yang kembali lagi membeli layanan yang ada.

Perempuan usia 25 tahun ke atas pengguna terbanyak Evoucher

Ada hal menarik yang kemudian dicatat oleh Danny dan tim Evoucher, yaitu selama ini pengguna terbanyak yang kerap membeli voucher di Evoucher berasal dari kalangan perempuan usia 25 tahun ke atas, tepatnya sebanyak 70%. Jumlah tersebut terbilang masih kalah jauh dengan pengguna dari kalangan pria. Evoucher turut mencatat voucher terbanyak yang dibeli merupakan layanan Food and beverage (F&B) juga voucher di kategori fun activity.

"Kami melihat kalangan perempuan adalah impulse buyer yang cenderung langsung membeli layanan voucher yang ada saat itu juga, berbeda halnya dengan pria yang lebih banyak membandingkan harga dengan kompetitor lainnya," kata Danny.

Sejak mendapatkan pendanaan pre-series A dari Value In Technology Indonesia (VITI) dalam jumlah yang tidak diungkapkan tahun 2015 silam, Evoucher tidak terlalu melancarkan kegiatan promosi yang masif. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya error dari situs dan aplikasi yang ada. Fokus utama dari Evoucher saat ini adalah untuk melakukan pengembangan teknologi secara internal, membangun hubungan baik dengan merchant dan memberikan layanan yang terbaik untuk pengguna.

"Kekuatan dari Evoucher bukan hanya voucher-nya saja tapi juga relationship dengan merchant, jadi bagaimana kami bisa membina hubungan baik dengan merchant dan menawarkan layanan tambahan yang kemudian bisa digunakan oleh merchant dan tentunya memiliki potensi untuk monetisasi, hal tersebut yang saya lihat paling efektif untuk Evoucher," tutup Danny.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter