Categories

Internet

Folio Hadirkan Layanan Manajemen Usaha Berbasis Cloud Secara Gratis

DailySocial - 23 October 2014

Mengatur serta mengetahui kemajuan sebuah bisnis berupa ritel atau toko waralaba dapat dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk menggunakan layanan point of sale yang kini sudah mulai merambah teknologi cloud computing. Jika sebelumnya Pawoon hadir dengan layanan manajemen penjualan dengan skema biaya berlangganan untuk layanannya, Folio hadir dengan layanan serupa secara gratis.

Bagi yang sedang merintis usaha, Folio jelas jadi pilihan yang menarik. Tanpa biaya berlangganan dan pembatasan jumlah outlet, toko ataupun kasir yang dimiliki. Secara layanan yang diberikan, Pawoon ataupun Folio tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama menyediakan pengaturan sebuah toko secara online dengan basis cloud computing. Mulai dari pengaturan stok, penambahan jenis barang, riwayat penjualan hingga manajemen kasir, pajak dan toko yang dimiliki.

Folio menyediakan fitur tombol shortcut dimana pengguna bisa mengakses barang ataupun sekelompok barang yang ada secara cepat. Meski terlihat sederhana namun fitur ini tentu saja mempercepat waktu proses yang ada. Tak perlu khawatir apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan Folio karena mereka menyediakan halaman Bantuan yang lengkap dan mudah untuk dipahami.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Folio adalah manajemen pelanggan yang ada di layanannya. Pengguna bisa mengetahui pelanggan mana yang paling banyak belanja serta produk apa yang paling diminati. Tentu sebuah poin plus bagi Folio karena pengguna bisa mengetahui selera pelanggan dan membantu menyediakan layanan lebih kepada para pelanggannya, sehingga misalnya bisa mengirimkan email penawaran harga spesial sebuah produk yang digemari.

Laporan penjualan, stok barang, hingga produk populer yang paling laku bisa didapatkan pengguna Folio. Laporan berupa grafis atau tabel itu dapat diakses dan didapatkan dengan mudah sesuai dengan periode tertentu. Sayangnya pengguna belum bisa mendapatkan laporan tersebut dalam format PDF ataupun CSV yang gampang untuk diolah ataupun dibagikan kepada rekan kerja.

Belum jelas bagaiman skema monetisasi yang akan diambil oleh Folio ke depannya, kemungkinan bisa menggunakan konsep freemium untuk fitur-fitur yang lebih lengkap. Dengan layanan yang dapat digunakan gratis, Folio bisa menjadi alternatif bagi pengusaha yang membutuhkan manajemen toko secara online dan berbiaya rendah.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Aditya Daniel. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter