24 April 2015

by Glenn Kaonang

Ford Explorer Platinum 2016 Usung Sistem Audio Premium Racikan Sony

Untuk sebagian orang, sistem audio bukan termasuk pertimbangan penting dalam membeli mobil baru. Mereka oke-oke saja dengan sistem audio standar yang menjadi paket bawaan mobil tersebut.

Sebaliknya, sebagian lain cukup memprioritaskan sistem audio pada mobil kesayangannya. Tak jarang mereka rela mengucurkan dana modifikasi hingga puluhan juta rupiah hanya demi memperoleh performa audio yang mantap di dalam mobilnya.

Pabrikan-pabrikan mobil pun paham akan permintaan semacam ini. Dalam beberapa kesempatan, mereka menggandeng pihak-pihak yang sudah terbukti berprestasi di dunia audio. Ambil contoh Audi, yang memercayakan Bang & Olufsen untuk menggarap sistem audio 3D pada SUV terandalnya, Q7.

Kalau pabrikan mobil asal Jerman tersebut bermitra dengan ahli audio asal Denmark, maka Ford, yang berasal dari AS, memilih raksasa elektronik Jepang, Sony, guna menggarap sistem audio mutakhir pada mobil buatannya. Tidak tanggung-tanggung, Sony mengerahkan teknologi milik lini perangkat home audio-nya untuk SUV anyar Ford Explorer Platinum 2016.

Info menarik: Volvo Lounge Console Tawarkan Kenyamanan Penerbangan First Class di Kabin Mobil

Buat penggemar data di atas kertas, sistem audio SUV ini terdiri dari 12 speaker yang ditempatkan di 10 lokasi yang berbeda, sebuah subwoofer berukuran 8 inci, sejumlah door woofer dan tweeter, serta satu unit amplifier Class D. Jika digabungkan, total output yang dihasilkan mencapai 500 watt.

Akan tetapi rincian spesifikasi di atas bukanlah berita utamanya, sebab ini merupakan pertama kalinya Sony menyematkan teknologi home audio kelas premiumnya ke dalam kabin mobil. Ada dua teknologi andalan yang diusung: Live Acoustics dan Clear Phase.

Sesuai namanya, teknologi Live Acoustics memanfaatkan algoritma khusus untuk menciptakan kesan bahwa penumpang mobil sedang berada di tengah-tengah concert hall. Dalam pengembangannya, Sony mengutus sejumlah engineer kepercayaannya ke berbagai concert hall di kota Amsterdam, Berlin dan Vienna untuk mempelajari elemen akustika di tempat-tempat tersebut secara presisi.

Info menarik: 5 Mobil dengan Interior Paling Keren dari New York International Auto Show 2015

Di saat yang sama, teknologi Clear Phase berpadu harmonis dengan Live Acoustics. Teknologi ini akan mengoptimalkan distribusi suara di dalam kabin mobil, membuat suara seakan-akan terdengar dari dalam ruang yang berukuran lebih megah dari kabin Explorer Platinum.

Tidak hanya itu, Clear Phase juga akan memastikan bahwa setiap suara instrumen maupun vokal bisa didengar dari zona yang berbeda. Harapannya, penumpang mobil bisa merasakan nikmatnya alunan musik yang biasa dibawakan di live concert.

Dari aspek tradisional mobil itu sendiri, varian Platinum ini telah mendapatkan sejumlah sentuhan baru pada bagian eksterior dan dapur pacunya – jika dibandingkan dengan varian standar Ford Explorer. Ford Explorer Platinum 2016 rencananya akan dipasarkan pada musim panas ini, meski belum ada rincian tentang harganya.

Sumber: Ford via Digital Trends.