Categories

Otomotif

Ford GT Jadi Mobil Pertama dengan Kaca Depan Gorilla Glass

Lebih tipis, lebih ringan, tapi lebih tahan pukul

Glenn Kaonang - 17 December 2015

Anda tentunya sudah tidak asing dengan Gorilla Glass. Kaca buatan perusahaan bernama Corning tersebut sudah beberapa tahun melapisi layar mayoritas smartphone dan tablet. Corning sendiri juga terus menyempurnakan iterasi demi iterasi Gorilla Glass, menjadikannya lebih tangguh tapi juga lebih tipis.

Namun saat mendengar ada sebuah mobil yang kaca depannya dilapisi Gorilla Glass, saya yakin Anda pasti akan mengernyitkan dahi. Well, Anda tak perlu melakukannya, sebab Ford sudah lebih dulu menerapkannya pada supercar terbarunya, Ford GT.

Ini berarti Ford GT merupakan mobil pertama di dunia yang memakai Gorilla Glass sebagai kaca depannya. Ford GT sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih di balik desainnya yang amat keren tersebut. Bodinya dibentuk dari bahan serat karbon demi mengedepankan aspek aerodinamis, dan pemakaian Gorilla Glass ini semakin memperkuat aspek tersebut.

Akan tetapi jangan Anda bayangkan kaca Gorilla Glass yang dipakai sama dengan yang ada di smartphone Anda. Ini merupakan versi khusus yang dinamai Gorilla Glass for Automotive, yang diklaim lima kali lipat lebih tahan pukul ketimbang kaca mobil standar. Di saat yang sama, kaca ini juga lebih tipis dan ringan, plus sanggup memberikan daya pandang yang begitu jelas.

All-New Ford GT

Ford dan Corning bekerja sama langsung dalam mengerjakan kaca depan Ford GT. Kaca ini terdiri dari tiga lapisan: kaca Gorilla Glass for Automotive di dalam, plastik perekat di tengah, dan kaca soda gamping di bagian terluar. Misi yang dituju adalah penurunan bobot, yang memegang peran penting dalam performa sebuah supercar.

Tak cuma sebagai kaca depan, Ford juga berencana memanfaatkan Gorilla Glass sebagai kaca penutup mesin yang ada di bagian belakang, memangkas sekitar 5 kilogram dari bobot keseluruhan mobil, atau 32 persen lebih ringan ketimbang memakai kaca mobil standar. Hasil akhirnya adalah peningkatan akselerasi, pengereman sekaligus efisiensi bahan bakar.

Sungguh menarik bagaimana industri otomotif bisa terinspirasi oleh perkembangan industri smartphone. Saya yakin ke depannya bakal ada lebih banyak pabrikan mobil yang menyusul jejak Ford dan memakai Gorilla Glass guna membantu meningkatkan performa.

Sumber: 1, 2, 3.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id